SETIAWAN, RESKI (2024) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR'AN NURUL JANNAH BANAWA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (79kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Reski Setiawan, 2024. “Peran Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Karakter
Santri di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Jannah Banawa
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Taqwa dan Firman Patawari
Skripsi ini membahas tentang Peran Pondok Pesantren Dalam Pengembangan
Karakter Santri di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Jannah Banawa
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Untuk peran Pondok
Pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Tahfizhul
Qur'an Nurul Jannah Banawa, Strategi yang digunakan oleh Pondok Pesantren
dalam mengembangkan karakter santri di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an
Nurul Jannah Banawa, Kabupaten Luwu dan faktor Internal dan faktor eksternal
yang mempengaruhi pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Tahfizhul
Qur'an Nurul Jannah Banawa, Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitin ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru. Data diperoleh dari wawancara, dan studi
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Tiga hal. Pertama, Pondok
Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Jannah Banawa Kabupaten Luwu memainkan
peran sentral dalam pembentukan karakter santri melalui pendidikan agama,
pembiasaan ibadah, dan pengembangan karakter kepemimpinan. Pengajaran Al-
Qur'an, hadis, dan praktik ibadah membentuk akhlak mulia dan integritas tinggi,
sementara ibadah rutin menanamkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan
spiritualitas. Aktivitas kepemimpinan dan organisasi seperti OSIM melatih santri
menjadi pemimpin yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab, serta program
pelatihan dan workshop mempersiapkan mereka untuk menjalankan tugas di
masyarakat dengan disiplin dan inisiatif tinggi. Kedua, Strategi Pondok Pesantren
Tahfizhul Qur'an Nurul Jannah Banawa meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi terstruktur untuk mengembangkan karakter santri. Program komprehensif
seperti latihan kepemimpinan, organisasi OSIM, dan pembiasaan ibadah, didukung
oleh pengajaran harian dan evaluasi rutin, membentuk santri yang berakhlak mulia,
disiplin, dan bertanggung jawab. Ketiga, Faktor internal dan eksternal di Pondok
Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Jannah Banawa sinergis membentuk karakter
Islami santri. Faktor internal mencakup kultur pesantren, kepemimpinan kyai,
kurikulum Islami, dan pemantauan harian, sementara faktor eksternal melibatkan
pengaruh keluarga, masyarakat, serta media dan teknologi, dengan komunikasi
rutin dan program khusus memperkuat nilai-nilai positif.
Kata Kunci : Pondok Pesantren, Pengembangan Karakter, Akhlakul Karimah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:59 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9427 |
Actions (login required)
View Item |