ISWAR, ALFIKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPIN GAME PADA MATERI SALAT KEWAJIBANKU SISWA KELAS III DI SDN 042 RADDA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Alfika Iswar, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Spin Game Pada
Materi Salat Kewajibanku Siswa Kelas III di SDN 042 Radda”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
A. Riawarda dan Ismail.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tahapan pengembangan
media pembelajaran spin game pada materi salat kewajibanku kelas III di SDN
042 Radda. (2) Mengetahui validitas media pembelajaran spin game pada materi
salat kewajibanku kelas III di SDN 042 Radda. (3) Mengetahui praktikalitas
media pembelajaran spin game pada materi salat kewajibanku kelas III di SDN
042 Radda.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang
mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu
Analyze, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini
dilakukan di kelas III SDN 042 Radda, dengan 20 orang siswa sebagai subjek
penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti
observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif
kuantitatif.
Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran spin game
dikategorikan “sangat valid” dengan rata-rata persentase sebesar 91%. Hasil ini
diperoleh validator ahli media dengan persentase 94,2% dengan kategori “sangat
valid”, validator ahli materi dengan persentase 91,7%% dengan kategori “sangat
valid” dan validator ahli bahasa dengan persentase sebesar 87,5% dengan kategori
“sangat valid”. Adapun, tingkat praktikalitas yang diperoleh dari respons siswa
memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis” serta
respons guru diperoleh persentase sebesar 88,4% dengan kategori “sangat
praktis”. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa produk yang
dikembangkan yakni Media Pembelajaran Spin Game Pada Materi Salat
Kewajibanku Siswa Kelas III SDN 042 Radda dinyatakan “layak” untuk
digunakan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Spin Game, Salat Kewajibanku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9440 |
Actions (login required)
View Item |