MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI D I SMPN 3 PALOPO

HAMKA, NILA (2024) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI D I SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nila Hamka, 2024.“Manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan
administrasi di SMP Negeri 3 Palopo”, skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Alauddin dan Tasdin Tahrim.
Penelitian ini membahas mengenai manajemen tata usaha dalam meningkatkan
layanan administrasi di SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan
administrasi, dan apa saja hambatan yang dialami dalam meningkatkan layanan
adaministrasi di SMP Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtitatif. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah dan kepala tata usaha. Data penelitian yang
diperoleh melalui wawancara, dokumentasi,dan observasi. Sedangkan analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain; 1) Dalam proses meningkatan
layanan administrasi yaitu melakukan perekrutan pegawai tata usaha, membuat
pembagian tugas dan kewajiban yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas
guna mencapai tujuan yang diinginkan, serta adanya keterlibatan kepala sekolah,
kepala tata usaha dan seluruh staf tata usaha pada proses perencanaan dan
memperhatikan keperluan yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan yaitu
pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam
keberlangsungan dan kelancaran dalam meningkatkan layanan administrasi
sekolah secara maksimal. 2) Hambatan yang dialami kurangnya sumber daya
manusia sehingga membuat pelayanan kurang maksimal namun tetap
mengusahakan pelayanan administrasi tetap terlaksana dengan baik guna
mencapai tujuan yang di inginkan.
Kata Kunci : Manajemen Tata Usaha, Layanan Administrasi, Kepala Tata Usaha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:38
Last Modified: 14 Oct 2024 02:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9446

Actions (login required)

View Item View Item