SURVEI TINGKAT KEPUASAN SISWA KELAS VIII PADA MANAJEMEN KELAS GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PALOPO

YOLANDARI, YOLANDARI (2024) SURVEI TINGKAT KEPUASAN SISWA KELAS VIII PADA MANAJEMEN KELAS GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yolandari, 2024. “Survei Tingkat Kepuasan Siswa Kelas VIII pada Manajemen
Kelas Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palopo”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nursaeni dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Survei Tingkat Kepuasan Siswa Kelas VIII
pada Manajemen Kelas Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palopo.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa kelas VIII pada
manajemen kelas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun jumlah
populasi seluruh peserta didik kelas VIII di SPMN 4 Palopo yang berjumlah 184
siswa, dengan pengambilan sampel jenuh. Jadi sampel yang digunakan 184
peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi,
sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan
persentase menggunakan bantuan Microsoft excel 2016 dan SPSS version 23.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa kelas VIII
terhadap manajemen kelas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palopo
masuk dalam kategori sangat puas. Dimana menciptakan iklim belajar mengajar
yang tepat dengan persentase sebesar 85%, indikator mengatur ruangan belajar
dengan persentase sebesar 82%, dan indikator mengelola interaksi kegiatan
belajar mengajar dengan persentase sebesar 86%, sehingga tingkat kepuasan siswa
sudah berjalan dengan baik dan siswa sangat puas dengan Manajemen Kelas
Guru. Hal ini menunjukkan bahwa proses manajemen kelas yang dilakukan oleh
guru sudah efektif yang membuat siswa merasa puas dengan manajemen kelas
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci: Kepuasan Siswa, Manajemen Kelas, Guru

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:55
Last Modified: 14 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item View Item