PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

RISNI, RISNI (2023) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Risni, 2023 ”Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Pengelolaan
Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. dan Drs.H.
Nasaruddin, M.Si.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap
Pengelolaan Pembelajaran Di Madrasah aliyah Negeri Palopo. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri
Palopo, Untuk mengetahui Pengelolaan Pembelajaran Di Madrasa Aliyah Negeri
Palopo, Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara profesionalime guru
dengan pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain ex-
post facto. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subjek
yang mempunyai kualitas serta karateristik tertentu. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah sampel 16 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Profesionalisme guru di Madrasah Aliyah
Negeri Palopo dalam kategori baik dan hasil persentase profesionalisme guru
dipengaruhi oleh jawaban responden yang mengisi angket tersebut, Serta
pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Palopo dalam kategori
baik. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa thitung < dari ttabel (-1,323 <
2,145). Yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel
profeionalisme guru (X) terhadap variabel pengelolaan pembelajaran (Y).
Berdasarkan pada perhitungan koefisien determinansi diperoleh hasil sebanyak
0,111, yang artinya pengaruh yang diberikan oleh variabel profesionalisme guru
terhadap pengelolaan pembelajaran adalah sebanyak 11,1%, sedangkan 89,9%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata Kunci: .Profesionalisme Guru dan Pengelolaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:39
Last Modified: 14 Oct 2024 06:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9451

Actions (login required)

View Item View Item