NURLIANA, NURLIANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI KETERAMPILAN MEMBACA CERITA PENDEK UNTUK SISWA KELAS IV SDN 035 AWO-AWO KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
NUR LIANA, 2024. Pengembangan Media Pop up Book pada Materi
Keterampilan Membaca Cerita Pendek untuk Siswa Kelas IV SDN 035
Awo-Awo Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Ervi
Rahmadani.
Penelitian ini bertujuan untuk analisis kebutuhan pengembangan media
pop up book pada materi keterampilan membaca cerita pendek untuk siswa kelas
IV SDN 035 Awo-Awo Kabupaten Luwu Utara bahwa dibutuhkan bahan bacaan
berupa pop up book untuk meningkatkan efektivitas siswa dan memudahkan
siswa dalam memahami bacaan. Hasil pengembangan media pop up book pada
materi keterampilan membaca cerita pendek untuk siswa kelas IV SDN 035 Awo�Awo Kabupaten Luwu Utara. Kevalidan dan kepraktisan media pop up book pada
materi keterampilan membaca cerita pendek di kelas IV SDN 035 Awo-Awo
Kabupaten Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5
tahapan yaitu: (a) Tahap analisis, (b) Tahap desain, (c) Tahap pengembangan, (d)
tahap implementasi, (e) Tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 035
Awo-Awo Kabupaten Luwu Utara. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas IV SDN 035 Awo-Awo dengan jumlah 19 siswa yang menggunakan media
pop up book yang dikembangkan. Objek penelitian ini adalah pop up book.
Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan bacaan berupa pop up book
yang telah memenuhi kategori valid dari hasil validitas pop up book.
Berdasarkan hasil validitas pop up book yang telah divalidasi dengan kategori
diantaranya ahli materi memperoleh nilai 75% dengan kategori valid, ahli desain
memperoleh nilai 77,7% dengan kategori valid dan ahli bahasa memperoleh nilai
83,3% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas siswa berdasarkan respon
uji coba dengan 19 siswa memperoleh nilai sebesar 80,50% dengan kategori
praktis sedangkan hasil praktikalitas guru memperoleh nilai 91,56% dengan
kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Pop Up Book, Media, Keterampilan Membaca, Cerita Pendek,
xxvi
ABSTRACT
NUR LIANA, 2024. Development of Pop up Book Media on Short Story Reading
Skills for Grade IV Students of SDN 035 Awo-Awo, North Luwu
Regency. Thesis of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study
Programme, Faculty of Tarbiyah and Keguruan Sciences, Palopo State
Islamic Institute. Supervised by Sukirman Nurdjan and Ervi Rahmadani.
This study aims to determine the needs analysis of pop up book media, to
determine the design of pop up book media development on short story reading
skills and to determine the validity and practicality of pop up book media
developed in class IV SDN 035 Awo-Awo North Luwu Regency.
This study uses a type of Research and Development (R&D) type of
research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely: (a) analysis
stage, (b) design stage, (c) development stage, (d) implementation stage, (e)
evaluation stage. This research was conducted at SDN 035 Awo-Awo, North
Luwu Regency. The subjects of this research were teachers and grade IV students
of SDN 035 Awo-Awo with a total of 19 students who used the pop up book
media developed. The object of this research is pop up book. The data collection
techniques used by researchers are observation, interviews, questionnaires and
documentation.
This research produces a reading material in the form of a pop up book
that has met the valid category of the pop up book validity results. Based on the
results of the validity of pop up books that have been validated with categories
including material experts obtaining a value of 75% with a valid category, design
experts obtaining a value of 77.7% with a valid category and language experts
obtaining a value of 83.3% with a very valid category. The results of student
practicality based on trial responses with 19 students obtained a score of 80.50%
with a very valid category while the results of teacher practicality obtained a score
of 91.56% with a very valid category.
Keywords: Pop Up Book, Media, Reading Skills, Short Stories.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:05 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |