AULIA, DIKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL “ROLLING BALL GAME” DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dika Aulia, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Visual “Rolling Ball Game”
dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu
Atap Datok Sulaiman Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: H. Hisban Thaha dan H. Bulu.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran visual
“rolling ball game” dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui
tahapan pengembangan media pembelajaran visual “rolling ball game” dalam mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman
Palopo, 2) untuk mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran visual
“rolling ball game” dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Satu Atap Datok Sulaiman Palopo, 3) untuk mengetahui respon peserta didik
terhadap pengembangan media pembelajaran visual “rolling ball game” dalam mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman
Palopo.
Jenis penelitian ini R&D (Research and Development). Peneliti
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan pengembangan
antara lain tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di
Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII A tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran 3 dimensi
memenuhi kriteria sangat valid digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Hasil
validasi media pembelajaran 3 dimensi “rolling ball game” yaitu validasi ahli media
memperoleh persentase 77,5% dengan kriteria layak, validasi ahli materi memperoleh
persentase 93,18% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh
persentase 75% dengan kriteria layak. Adapan angket respon peserta didik
memperoleh persentase 85,25% dengan kategori sangat positif.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual, “Rolling Ball Game”, Akidah Akhlak,
Madrasah Tsanawiyah.
xxiv
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:36 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9499 |
Actions (login required)
View Item |