PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 304 MAMARA KABUPATEN LUWU

ANDINI, ANDINI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 304 MAMARA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Andini, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN 304 Mamara Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K.
dan Sudirman.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
puzzle pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IV di SDN 304 Mamara
Kabupaten Luwu dengan mengetahui tahap pengembangan media puzzle, hasil
validitas, dan hasil uji praktikalitas media pembelajaran puzzle pada mata
pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini berlangsung menggunakan
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif atau biasa disebut mix method.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Lokasi
penelitian di SDN 304 Mamara tahun ajaran 2024. Subjek penelitian meliputi
peserta didik kelas IV SDN 304 Mamara dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Tahap
pengembangan media puzzle pembelajaran puzzle pada mata pelajaran pendidikan
agama islam kelas IV di SDN 304 Mamara dilakukan dengan dengan model
pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, penembangan, implementasi dan
evaluasi. 2) Validasi penelitian ini menunjukkan bahwa ahli media memperoleh
nilai rata-rata 71% dengan kategori “valid”, ahli mteri memperoleh nilai rata-rata
91% dengan kategori “sangat valid” dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata
89% dengan kategori “sangat valid”. 3) Uji praktikalitas media puzzle yang
didapatkan dari siswa memperoleh nilai rata-rata 95% dengan kategori “sangat
praktis” dan guru memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kategori “sangat
praktis”. Sehingga dapat dinyatakan pengembangan media pembelajaran puzzle
menghasilkan sebuah produk yakni media pembelajaran puzzle yang telah
memenuhi kriteria sangat valid dan kriteria sangat praktis.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Media Puzzle, Pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 08 Nov 2024 08:03
Last Modified: 08 Nov 2024 08:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item