WINDI, WINDI (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VI DI SDN 54 SALUPIKUNG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
xxiii
ABSTRAK
Windi, 2024. “Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Model
Example Non Example Pada Siswa Kelas VI di SDN 54 Salupikung”
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Salmilah dan Nurul Aswar.
Skripsi ini membahas mengenai peningkatan keterampilan menulis siswa
menggunakan model example non example di SDN 54 Salupikung pada
pembelajaran tematik di kelas VI A SDN 54 Salupikung kota Palopo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas
beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau
observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan keterampilan
menulis siswa menggunakan model example non example. Adapun subjek
penelitian adalah siswa kelas VI A SDN 54 Salupikung Kota Palopo berjumlah 16
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi, dan
wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Example Non Example di kelas VI A SDN 54 Salupikung secara efektif
meningkatkan keterampilan menulis siswa serta keterlaksanaan aktivitas belajar.
Pada siklus I, hasil observasi aktivitas belajar siswa mencapai persentase 66.74%
(cukup), yang meningkat secara signifikan menjadi 85.71% (sangat baik) pada
siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan yang
dari 55.35% (kurang) pada siklus I menjadi 93.75% (sangat baik) pada siklus II.
Peningkatan ini juga terlihat pada keterampilan menulis siswa. Pada siklus I, nilai
rata-rata yang diperoleh siswa adalah 71.68% dengan persentase ketuntasan
62.5% (cukup). Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 76%
dengan persentase ketuntasan 87.5% (sangat baik). Secara keseluruhan, penelitian
ini membuktikan bahwa penerapan model Example Non Example dapat secara
signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa dan efektivitas pembelajaran
di kelas VI A SDN 54 Salupikung.
Kata Kunci :Keterampilan Menulis, Model Example non example
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:11 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9505 |
Actions (login required)
View Item |