IMPLEMENTASI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II.B PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO

SITI, NUR KHAZANAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II.B PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)

Abstract

Siti Nur Khasanah, 2024, “Implementasi Model Teams Games Tournament
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas
II.B pada Pembelajaran Matematika di MI Datuk Sulaiman
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sukirman dan
Nurul Aswar.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui implementasi model teams
Games Tournament pada pemebelajaran matematika peserta didik kelas II.B di
MI Datuk Sulaiman Palopo; Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada
pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model pembelajaran
Tames Games Tournament (TGT) di kelas II.B di MI Datok Sulaiman Palopo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian peserta didik
kelas II.B MI Datok Sulaiman Palopo yang berjumlah 26 peserta didik.
Pelaksanaan penelitian ini pada bulan April–Juni 2024, terdiri dari dua siklus,
dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi.
Tindakan dilakukan kolaborasi oleh peneliti dan guru yang bertugas mengamati
dan mencatat setiap perkembangan yang ada. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah 1) teknik observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data
aktivitas peserta didik dan guru, 2) tes untuk menilai hasil belajar peserta didik, 3)
dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa dokumentasi
kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model
pembelajaran TGT dimulai dengan perencanaan, yaitu: 1) mengidentifikasi
masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3) memilih masalah yang ada, dan 4)
merancang tindakan untuk meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya tahap tindakan
dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan sistem
pembelajaran TGT dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam
siklus-siklus, setiap siklus melaksanakan tindakan: a) Teaching; b) Team Study;
c) Game and Tournament; d) Recognize Team, sedangkan tahap refleksi,
dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran TGT pada siklus sebelumnya,
sehingga pembelajaran TGT pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik antusias dan aktif mengikuti
pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT. Serta adanya peningkatan
hasil belajar peserta didik berdasarkan KKM, peningkatan nilai rata-rata kelas
setelah diberi tindakan siklus I sebesar 50% dari 13 peserta didik yang tuntas
kemudian siklus II meningkat 84.61% dari 20 orang peserta didik yang tuntas.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil
Belajar
xxi
ABSTRACT
Siti Nur Khasanah, 2024, "Implementation of the Teams Games Tournament
Model in Improving the Learning Outcomes of Class II.B
Students in Mathematics Learning at MI Datuk Sulaiman
Palopo". Thesis for Madrasah Ibtidaiyah Teacher
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Sukirman and Nurul Aswar.
This research aims: To determine the implementation of the Team Games
Tournament model in mathematics learning for class II.B students at MI Datuk
Sulaiman Palopo; To determine the increase in learning outcomes in mathematics
learning by implementing the Tames Games Tournament (TGT) learning model in
class II.B at MI Datok Sulaiman Palopo. This research is Classroom Action
Research (PTK) with a model developed by Kemmis and Mc. Taggart. The
research subjects were 26 students in class II.B MI Datok Sulaiman Palopo. The
implementation of this research in April–June 2024, consists of two cycles, with
stages (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, (4) Reflection. The action was
carried out collaboratively by researchers and teachers who were tasked with
observing and recording any developments. The data collection techniques used
are 1) observation techniques used to collect data on student and teacher activities,
2) tests to assess student learning outcomes, 3) documentation used to collect data
in the form of documentation of learning activities. The research results show that
the application of the TGT learning model begins with planning, namely: 1)
identifying problems, 2) looking for the causes of problems, 3) selecting existing
problems, and 4) designing actions to improve learning outcomes. Next, the action
and observation stages are carried out according to the action plan, namely
implementing the TGT learning system by arranging learning steps in cycles, each
cycle carrying out actions: a) Teaching; b) Team Study; c) Games and
Tournaments; d) Recognize Team, while in the reflection stage, observations and
improvements are made to TGT learning in the previous cycle, so that TGT
learning in the next cycle will run better. The research results show that students
are enthusiastic and active in learning using the TGT learning model. As well as
there was an increase in student learning outcomes based on the KKM, the
increase in the average class score after being given action in cycle I was 50%
from 13 students who completed it, then cycle II increased by 84.61% from 20
students who completed it.
Keywords : Teams Games Tournament (TGT) Learning Model, Learning
Outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 410.151 Matematika Linguistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:17
Last Modified: 11 Nov 2024 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item