PENGARUH KINERJA PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA PARUMPANAI KABUPATEN LUWU TIMUR DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Andini, Andini (2024) PENGARUH KINERJA PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA PARUMPANAI KABUPATEN LUWU TIMUR DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Andini, 2024. “Pengaruh kinerja Pemerintahan Desa terhadap peningkatan
kualitas pelayanan pada Kantor Desa Parumpanai Kabupaten Luwu Timur
dengan etos sebagai variabel moderasi”.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kinerja Pemerintahan terhadap
peningkatan kualitas pelayanan dengan etos kerja sebagai variabel moderasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja
Pemerintahan Desa terhadap peningkatan kualitas pelayanan dengan etos kerja
sebagai variabel moderasi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, yang disebarkan kepada
seluruh aparat Desa Parumpanai Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 30
orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik yang digunakan
dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas.
Dan uji hipotesis meliputi, uji t (parsial), uji f (simultan), uji koefisien determinasi
dan uji MRA (moderated regression analysis). Adapun alat yang digunakan untuk
mengolah data yaitu menggunakan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja Pemerintahan mempunyai
pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan dengan melihat t hitung 3,885 lebih
besar dari t tabel 1,703 dan nilai signifikan 0,001<0,05. Variabel kinerja
Pemerintahan dan variabel etos kerja secara simultan (bersama-sama) memiliki
pengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan. Variabel kinerja Pemerintahan dan
variabel etos kerja terdapat hubungan positif terhadap kualitas pelayanan dapat
dilihat pada kolom R Square. Angka R square yang diperoleh sebelumnya sebesar
0,372 atau 37,2%, sedangkan hasil analisis yang dilakukan setelah dimoderasi
oleh variabel etos kerja menunjukkan bahwa nilai R square dikatakan meningkat
sebesar 0,397 atau 39,7%. Dengan ini dapat dikatakan bahwa keberadaan variabel
etos kerja (sebagai variabel moderasi) dapat memperkuat atau meningkatkan
pengaruh kinerja Pemerintahan terhadap kualitas pelayanan. Adapun jenis
moderasi yang diperoleh yaitu b2 signifikan dan b3 signifikan maka jenis
moderasi yang digunakan adalah quasi moderasi. Quasi moderasi merupakan
variabel yang memoderasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel
dependen yang sekaligus menjadi variabel independen. Dengan kata lain variabel
etos kerja bisa menjadi variabel independen maupun variabel moderasi.
Kata kunci: Kinerja Pemerintahan, Etos kerja, Kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.15 Manajemen Keuangan
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:48
Last Modified: 15 Nov 2024 07:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9540

Actions (login required)

View Item View Item