EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 PALOPO

NURHASTASYAH, NURHASTASYAH (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)

Abstract

Nurhastasyah, 2022. “Efektivitas Pembelajaran Inkuiri pada Materi Aljabar untuk
Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP
Negeri 7 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Nasaruddin dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan penalaran
matematis siswa sebelum penerapan pembelajaran inkuri pada materi aljabar. 2)
kemampuan penalaran matematis siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri
pada materi aljabar. 3) pembelajaran inkuiri pada materi aljabar efektiv terhadap
kemampuan penalaran matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one�group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP
Negeri 7 Palopo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B SMP Negeri 7
Palopo, yang berjumlah 16 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa
lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic
deskriptif kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan penalaran
matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo sebelum penerapan pembelajaran
inkuiri pada materi aljabar berada pada kategori sedang dengan rata-rata 42.9. 2)
Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo setelah
penerapan pembelaran inkuiri pada materi aljabar berapa pada kategori tinggi
dengan rata-rata 67.1. 3) Model pembelajaran inkuiri efektif terhadap kemampuan
penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo, hal ini dapat dilihat
dari nilai signifikasi < 0.05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.
.
Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Kemampauan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:07
Last Modified: 18 Nov 2024 02:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9549

Actions (login required)

View Item View Item