EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI PADA PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 022 MONTO KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

FEBRIANTI, WILDA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI PADA PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 022 MONTO KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Wilda Febrianti 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Prezi pada Pemahaman Materi Bangun Datar Kelas IV SDN
022 Monto Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Salmilah Dan Arwan Wiratman.
Skripsi ini membahas mengenai efektivitas penggunaan media pembelajaran
interaktif berbasis prezi pada pemahaman materi bangun datar kelas IV SDN 022
Monto Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pemahaman materi bangun datar siswa kelas IV SDN 022
Monto sebelum dan setelah menggunakan media interaktif berbasis prezi, serta
untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis
prezi terhadap pemahaman materi bangun datar siswa kelas IV SDN 022 Monto.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-
posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 022 Monto
yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
022 Monto yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes dalam bentuk soal pretest-posttest. Data yang terkumpul diolah
dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata nilai (pretest)
sebesar 51,85 dengan kategori rendah dan rata-rata nilai (posttest) sebesar 83,04
yang dikategorikan tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik
inferensial diperoleh hasil uji-t dengan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 yaitu <
0,000 berarti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:37
Last Modified: 18 Nov 2024 02:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9557

Actions (login required)

View Item View Item