PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN BANTU JARGONOMETRI PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUWU TIMUR

BILQIS HS, SAYYIDAH (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN BANTU JARGONOMETRI PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (11MB)

Abstract

Sayyidah Bilqis HS, 2024.”Pengembangan Alat Peraga Papan Bantu
Jargonometri pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Luwu
Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing Oleh Muh. Hajarul Aswad A. dan Irma T.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Alat Peraga Papan Bantu
Jargonometri pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil akhir media, validitas, praktikalitas, dan efektivitas alat
peraga yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan yaitu:
analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 33
siswa kelas X.8 SMAN 1 Luwu Timur. Instrumen yang digunakan adalah
pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi produk, angket respon
guru dan siswa, dan soal tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran alat peraga papan bantu
jargonometri menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli media sebesar
82 70% dengan kategori “sangat valid”. Uji praktikalitas oleh guru dan siswa
sebesar 91,04% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji N-Gain sebesar 77%
menunjukkan bahwa media pembelajaran alat peraga jargonometri efektif
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1
Luwu Timur.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga, Trigonometri, Jargonometri,
Hasil Belajar Siswa.
xxiii
ABSTRACT
Sayyidah Bilqis HS, 2024. "Development of Jargonometric Props on
Trigonometry Material to Improve Mathematic Learning
Outcomes of Class X Students of SMA Negeri 1 East Luwu".
Thesis Mathematics Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN)
Palopo. Supervised by Muh. Hajarul Aswad A. and Irma T.
This thesis discusses the Development of Jargonometry Props on
Trigonometry Material to Improve Learning Outcomes of Class X Students of
SMA Negeri 1 East Luwu. This study aims to determine the validity, practicality,
and determine the effectiveness of learning media developed in improving student
mathematic learning outcomes.
The type of research used is Research and Development (R&D), with the
ADDIE development model which consists of stages, namely: Analyze, Design,
Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were 33
students of class X.8 SMAN 1 Luwu Timur. The instruments used were interview
guidelines, observation sheets, product validation sheets, student and teacher
response questionnaires, and learning outcomes test questions (pre-test and post�test). The data analysis techniques used were qualitative descriptive analysis and
quantitative descriptive analysis.
The results of the development of learning media for jargonometry props
showed that the average validation results of media experts were 82.70% in the
"very valid" category. Practicality test by students amounted to 91.04% with the
category "very practical". The results of the N-Gain test of 77% showed that the
learning media for jargonometry props were effectively used to improve the
mathematic learning outcomes of class X students of SMAN 1 East Luwu.
Keywords: Learning Media, Props, Trigonometry, Jargonometry, Student
Learning Outcomes
xxiv
خالصة
ةاسذ ةداو ٘ف ة٘ذلطصولا وئاعدلا رٔ٘طث" . س يده ب ل ق يس إت ش إس، 4202
ث ن خس س ٍٛ َ خبئ ح ان خع هى ن طالة ان صف ان عب شز ف ٙ ان ً ث ه ثب
يذر ست إس إو إٚ ّ َ ٛد ٛز٘ 1 شزق ن ْٕٕ". أطزٔزت ب زَ بيح درا ست ح ع ه ٛى
ان زٚ ب ض ٛبث، ك ه ٛت ان خزب ٛت ٔع هٕو ان ًع هً ،ٍٛ ان ًعٓذ اإل ساليٙ
ان س كٕيٙ ف ٙ ب بن ٕب .ٕ إ شزاف: دمحم ْبخز األ سٕد أ. ٔإٚ زيب ث.
ط هسبث ف ٙ يبدة ع هى ان ً ث ه ثبث ح ُبق ش ْذِ األط زٔزت ح طٕٚ ز دعبئ ى ع هى ان ًص
ن خس س ٍٛ َ خبئ ح ان خع هى ن طالة ان صف ان عب شز ف ٙ يذر ست إس إو إٚ ّ إٚ ّ َ ٛد ٛز٘ 1
شزق ن .ْٕٕ ح ٓذف ْذِ ان ذرا ست إن ٗ ح سذٚ ذ يذٖ صالز ٛت ان ٕ سبئ ط ان خع ه ًٛ ٛت ان ًطٕرة
ف ٙ ح س س ٍٛ يخزخبث ح ع هى ان طالة، ٔيذٖ صالز ٛ خٓب ٔح ط ب ٛ قٓب ان عً هٙ ٔح سذٚ ذ
ف عبن ٛ خٓب.
انذ٘ ADDIE رٕٚطخال خذٔيٍ عى ،(D R انًسخخذو ْٕ انبسث ٔانخطٕٚز َ ٕع ان بسث
ٚخكٌٕ يٍ يزازم، ْٙٔ انخسهٛم ٔانخصًٛى ٔانخطٕٚز ٔانخُ ٛذ ٔانخطبٛ ٔانخقٛٛى. كبٌ انً بركٌٕ فٙ ْذِ
ثأدألا ثٌاكٔ .رٔو٘ث ِٔٔل 1طبنب ب يٍ طالة انصف انعبشز، ان صم انعبشز، سًبٌ 33انذراست
ٌو ققذثلا قارٔأٔ ،ةظذالولا قارٔأٔ ،ثالةاقولل ةِ٘٘جٔثلا ئداةولا :ان ً س خخذيت ْٙ
صست ان ً ُ خح، ٔا س خ ب ٛبَ بث ا س خدبب ت ان طالة، ٔأ س ئ هت اخ خ ببر َ خبئ ح ان خع هى
ثاٌا٘ةلا ل٘لذث ثاٌ٘قث ثٌاكٔ .(٘دعةلا راةثشالأ ٘لةقلا راةثشالا
ان ً س خخذيت ْٙ ان خس ه ٛم ان ٕ ص ٙ ان ُٕعٙ ٔان خس ه ٛم ان ٕ ص ٙ ان ك.ًٙ
رث َخبئح حطٕٚز انٕسبئط انخعهًٛٛت نذعبئى عهى انًصطهسبث أٌ يخٕسط َخبئح انخسق يٍ صست أظّ
ي 91.04% فٙ فئت "صبنر خذ ا". ٔكبٌ اخخببر انخطبٛ انعًهٙ يٍ قبم انطالة 82.70%انٕسبئط كبٌ
وئاعدل ولعثلا طئاسٔ ٌأ 77% ةةسٌ راةثشا Gain-N فئت "عًهٙ خذ ا". أظٓزث َخبئح اخخببر
ن ى ان ً صط هسبث ق ذ ا س خخذيج ب عبن ٛت ن خس س ٍٛ َ خبئ ح ان خع هى ن طالة ان صف ع
ان عب شز يٍ طالة ان صف ان عب شز ف ٙ ش ب كت سًبٌ 1 شزق ن .ٕٔٔ
ٔ سبئ ط ان خع هى، ان ذعبئ ى، ع هى ان ً ث ه ثبث، ع هى ان ً ث ه ثبث، ع هى ال ك لمات ال م ف تاح ية
ان ً صط هسبث، َ ٕاح ح ح ع هى ان طالة

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:01
Last Modified: 18 Nov 2024 06:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item