PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN SATAP SAMPEANG

NURSITA, NURSITA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN SATAP SAMPEANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (8MB)

Abstract

Nursita, 2024. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan
Liveworksheets pada Materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang
Bertakwa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN
SATAP Sampeang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hasbi dan M. Zul Jalal Al Hamdany.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan E-LKPD berbasis
kontekstual menggunakan liveworksheets di tingkat SMP/MTs. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan peserta didik menggunakan E�LKPD berbasis kontekstual, mengetahui hasil pengembangan E-LKPD berbasis
kontekstual menggunakan liveworksheets pada materi ibadah puasa membentuk
pribadi yang bertakwa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII
SMPN SATAP Sampeang dan untuk mengetahui E-LKPD yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini
menggunakan model pengembangan ASSURE. Penelitian ini dilakukan di SMPN
SATAP Sampeang dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII sebanyak
14 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi,
wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 81% peserta didik membutuhkan E-LKPD sebagai sumber
belajar. Menurut validator ahli materi E-LKPD memperoleh nilai sebesar 98%
dengan kategori sangat valid, ahli media 89,5% dengan kategori sangat valid, rata�rata kevalidan produk 90% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik
terlihat antusias dan aktif dalam pembelajaran, sehingga mencapai persentase 90%
dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba produk memperoleh persentase
sebesar 85,7% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis kontekstual menggunakan livewoksheets
pada materi ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa valid, praktis, dan
efektif untuk dijadikan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: E-LKPD, Pembelajaran Kontekstual, Livewoksheets
xxvii
ABSTRACT
Nursita, 2024. "The development of competency-based E-LKPD using
Liveworksheets on fasting material becomes a person involved in the
development of Islamic Religious Education Class VIII SMPN SATAP
Sampeang". Thesis of Islamic Religious Education Study Program Faculty
of Tarbiyah and Teacher Training Science State Islamic Institute of Palopo.
Appointed by Hasbi and M. Zul Jalal Al Hamdany.
This study discusses the development of contextual-based E-LKPD using
liveworksheets at the SMP/MTs level. This study aims to determine the results of
the analysis of the needs of students using contextual-based E-LKPD, knowing the
results of the development of contextual-based E-LKPD using liveworksheets on
fasting material to form a pious person in learning Islamic Religious Education
Class VIII SMPN SATAP Sampeang and to determine the e-LKPD developed meet
the criteria of valid, practical, and effective. This research and development uses
the ASSURE development model. This study was conducted at SMPN SATAP
Sampeang with the subject of research is the eighth grade students as many as 14
people. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires,
tests and documentation. Data analysis techniques using qualitative descriptive
analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed that 81% of
students need E-LKPD as a learning resource. According to the material expert
validator, E-LKPD obtained a value of 98% with a very valid category, media
experts 89.5% with a very valid category, the average product validity of 90% with
a very valid category. The response of the students was enthusiastic and active in
learning, so that it reached a percentage of 90% with a very practical category and
the results of product trials obtained a percentage of 85.7% with a very effective
category. Based on these results, it can be concluded that contextual-based E-LKPD
using livewoksheets on fasting material forms a valid, practical, and effective pious
person to be used as teaching material.
Keywords: E-LKPD, Contextual Learning, Livewoksheets

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:23
Last Modified: 18 Nov 2024 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item