AZHARI, AYU (2024) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ayu Azhari, 2024. “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah
dalam Membangun Kedisiplinan Guru di MIN 4 Tana Toraja”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan
Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala
madrasah dalam membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja. Penelitian
ini bertujuan: untuk mengetahui kedisiplinan guru di Min 4 Tana Toraja, untuk
mengetahui gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam
membangun kedisiplinan guru di MIN 4 Tana Toraja, dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mendisiplinkan guru di MIN
4 Tana Toraja.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan dalam
penelitian ini yaitu kepala madrasah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa Guru di MIN 4
Tana Toraja telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap tanggung jawab
mengajar, profesionalisme, dan kerjasama dengan orang tua, serta berupaya
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif melalui penampilan yang rapi dan
mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. Namun, masih ada
tantangan dalam hal kedisiplinan waktu, di mana beberapa guru belum konsisten
tiba tepat waktu di sekolah. Gaya kepemimpinan transformasional kepala Madrasah
yang meliputi pengaruh ideal, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional, dan
konsiderasi individu menjadi faktor kunci dalam mendorong kedisiplinan guru.
Ditemukan juga faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam
mendisiplinkan guru di MIN 4 Tana Toraja yaitu: (1) Faktor pendukung meliputi;
kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dan
guru. (2) faktor penghambat yaitu masih adanya guru yang tidak hadir dengan
alasan seperti acara keluarga dan masalah kendaraan serta berbagai alasan lainnya.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Kedisiplinan
Guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:09 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9579 |
Actions (login required)
View Item |