MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA BERMASALAH DI SMP NEGERI 8 PALOPO

PUSPITA, EMA (2024) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA BERMASALAH DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

xxiv
ABSTRAK
Ema Puspita, 2024. “Manajemen Bimbingan dan Konseling Pada Siswa
Bermasalah di SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Taqwa dan Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas mengenai Manajemen Bimbingan dan Konseling Pada
Siswa Bermasalah di SMP Negeri 8 Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk
mengetahui manajemen bimbingan dan konseling pada siswa bermasalah di SMP
Negeri 8 Palopo; dan untuk mengetahui jenis perilaku bermasalah siswa di SMP
Negeri 8 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif
deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di ambil adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu
guru Bk dan kepala sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, manajemen bimbingan dan
konseling di SMP Negeri 8 Palopo menunjukkan proses yang sistematis mulai dari
perencanaan hingga evaluasi. Proses perencanaan dimulai dengan analisis
kebutuhan mendalam untuk memastikan program dirancang relevan dan efektif.
Penyusunan program melibatkan berbagai pihak, termasuk kepala sekolah, yang
mencakup aspek pribadi, sosial, akademik, dan karier siswa. Pengembangan
rencana pelaksanaan dilakukan dengan pendekatan yang sesuai dengan
karakteristik siswa, dan perencanaan sarana dilakukan secara teliti meskipun ada
beberapa kendala. Proses pelaksanaan program mencakup konseling individu dan
kelompok dengan melibatkan wali kelas, meskipun ada tantangan dalam kerjasama.
Proses evaluasi dilakukan secara berkala dengan menggunakan data observasi,
wawancara, dan angket untuk menilai efektivitas program dan melakukan
perbaikan yang diperlukan. Kedua, jenis perilaku bermasalah siswa di SMP Negeri
8 Palopo masalah utama yang sering terjadi adalah bullying, membolos, dan
berkelahi. Masalah dipicu oleh faktor internal siswa, pengaruh pergaulan, dan
kurangnya perhatian dari orang tua. Upaya penanganan masalah guru Bk
melakukan konseling individu dan kelompok serta menerapkan berbagai upaya
pencegahan. Jika upaya awal tidak efektif, guru bimbingan dan konseling
melibatkan wali kelas dan kepala sekolah untuk menentukan langkah selanjutnya.
Kata Kunci: Manajemen, Bimbingan dan Konseling, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:58
Last Modified: 19 Nov 2024 02:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item