P E N G E M B A N G A N I N S T R U M E N E V A L U A S I PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL MATERI MELAKSANAKAN PENGURUSAN JENAZAH KELAS XI DI SMAN 12 LUWU UTARA

ANDIKA, PUTRI RAHMADANI (2024) P E N G E M B A N G A N I N S T R U M E N E V A L U A S I PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL MATERI MELAKSANAKAN PENGURUSAN JENAZAH KELAS XI DI SMAN 12 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (9MB)

Abstract

xxii
ABSTRAK
Putri Rahmadani Andika, 2024 “Pengembangan Instrumen Evaluasi
Pembelajaran Berbantuan Wordwall Materi Melaksanakan Pengurusan
Jenazah Kelas XI di SMAN 12 Luwu Utara” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Nursyamsi dan Nur Fakhrunnisaa
Skripsi membahas tentang pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran
berbantuan wordwall materi melaksanakan pengurusan jenazah kelas XI di SMAN
12 Luwu Utara dengan tujuan untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen
evaluasi berbantuan wordwall, uji validitas, dan praktikalitas terhadap
pengembangan instrumen evaluasi berbantuan wordwall materi melaksanakan
pengurusan jenazah.
Jenis penelitian menggunakan penelitian R&D (Research and
Development), dengan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis (analisis),
Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implemntasi),
Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 12
Luwu Utara. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian dari instrumen evaluasi berbantuan wordwall yang
dikembangkan peneliti memperoleh hasil tahapan pengembangan menggunakan
tahap analisis (analyze), tahap desain (design), tahap pengembangan (development),
tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Instrumen
evaluasi berbantuan wordwall memperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar
95% dengan kategori “sangat valid”, validasi bahasa sebesar 95% dengan kategori
“sangat valid”, serta validasi ahli evaluasi pembelajaran PAI sebesar 92% dengan
kategori “sangat valid”. Praktikalitas instrumen evaluasi berbantuan wordwall
mendapatkan hasil prsentase sebesar 89,2% dengan kategori “sangat praktis”.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen
evaluasi pembelajaran berbantuan wordwall materi melaksanakan pengurusan
jenazah kelas XI di SMAN 12 Luwu Utara, valid digunakan.
Kata Kunci : evaluasi, pendidikan agama islam, wordwall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:12
Last Modified: 19 Nov 2024 03:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9590

Actions (login required)

View Item View Item