KARMILA, KARMILA (2024) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI GURU PENGGERAK DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Karmila,2024. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi
Guru Penggerak di SMK Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin, K dan
Hilal Mahmud
Skripsi ini membahas tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Pembinaan Kompetensi Guru Penggerak di SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kompetensi guru
penggerak di SMK Negeri 2 Palopo, faktor internal dan eksternal yang mendukung
atau menghambat dalam pembinaan kompetensi guru penggerak di SMK Negeri 2
Palopo, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi guru
penggerak di SMK Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan
fenomenologi dan deskriptif. Adapun sumber data penelitian yakni wakil kepala
sekolah bagian kurikulum, dan 2 guru. Data diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh guru
penggerak, adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.
Adapun faktor pendukung dalam pembinaan kompetensi guru penggerak yaitu adanya
komunikasi yang baik; sarana dan prasarana yang mendukung; dan memberikan
semangat dan dorongan kepada guru penggerak. Adapun faktor penghambatnya adalah
kelemahan dalam manajemen waktu. Dalam pembinaan kompetensi guru penggerak,
kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan otoriter ketika membimbing para
guru pemula dan minim pengalaman. Selain itu, kepala sekolah juga menggunakan
gaya kepemimpinan demokratis ketika membina guru yang memiliki kemampuan
dalam berinovasi seperti penggunaan teknologi dan penggunaan media pembelajaran
maka dari itu dilibatkan dalam pengembilan Keputusan. Sementara itu, gaya laissez
faire digunakan kepala sekolah ketika membina guru-guru berpengalaman dan
memiliki kompetensi serta keahlian di atas rata-rata.
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Guru Penggerak, Kepala Sekolah, Kompetensi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:30 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:30 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9591 |
Actions (login required)
View Item |