WAHYUNI, WAHYUNI (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wahyuni, 2024.“ Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru
di SMK Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo.Dibimbing oleh Hj. A. Ria Warda
dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Disiplin Guru di SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan :
Untuk mengetahui disiplin guru dalam meningkatkan kualitas kinerjanya di SMK
Negeri 2 Palopo ; Untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan
disiplin guru di SMK Negeri 2 Palopo; Untuk mengetahui evaluasi strategi kepala
sekolah dalam meningkatkan disiplin guru di SMK Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data penelitian yakni kepala
Sekolah , wakil kepala sekolah, dan 4 guru. Dan data diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data,
Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa
disiplin guru di sekolah tersebut sudah cukup baik, dilihat dari ketepatan waktu,
kepatuhan terhadap aturan maupun kehadiran dan keterlibatan dalam kegiatan
sekolah. Meskipun terdapat kendala yang dihadapi sebagian guru dalam hal
disiplin, maka dari itu adapun strategi kepala sekolah dalam meningkatkan
disiplin guru yaitu: pertama penetapan aturan sekolah; komitmen kepala sekolah;
pembentukan tim asesor; pemantauan terhadap guru mengenai disiplin; pertemuan
rutin dengan kepala sekolah; himbauan dari pemerintah; dan penugasan kepada
wakil kepala sekolah. Selanjutnya evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam
meningkatkan disiplin guru yaitu :pemberian reward dan punishment; yang kedua
pembinaan dan mengadakan pelatihan- pelatihan yang berhubungan untuk
meningkatkan disiplin guru dan yang ketiga adalah pengawasan dan evaluasi
kinerja di sekolah tersebut. Selain itu kepala sekolah juga melakukan kegiatan
rutin yaitu kegiatan rapat untuk melihat seberapa banyak kehadiran guru dan
memantau absensi para guru serta melakukan evaluasi terhadap guru yang masih
belum optimal dalam disiplin.
Kata kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Disiplin Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 00:29 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 00:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9597 |
Actions (login required)
View Item |