PENGUATAN KOMPETENSI DIGITAL GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMUTU DI MADRASAH ALIYAH SAMPANO

HASNI, HASNI (2024) PENGUATAN KOMPETENSI DIGITAL GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMUTU DI MADRASAH ALIYAH SAMPANO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasni 2024. “Kompetensi Digital Guru Dalam Mewujudkan Pembelajaran
Bermutu Di Madrasah Aliyah Sampano”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo Dibimbing oleh.
Munir Yusuf. Dan Hilal Mahmud.
Skripsi ini membahas tentang penguatan Kompetensi Digital Guru Dalam
Mewujudkan Pembelajaran Bermutu Di Madrasah Aliyah Sampano Penelitian ini
bertujuan; Untuk mengetahui kompetensi digital guru Di Madrasah Aliyah
Sampano, pembelajaran bermutu Di Madrasah Aliyah Sampano, dan strategi
penguatan digital guru dalam mewujudkan pembelajaran bermutu di Madrasah
Aliyah Sampano.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Adapun sumber data penelitian yakni kepala Sekolah, dan tiga orang guru lainnya.
data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan Penataan data mentah, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kompetensi digital guru Di Madrasah
Aliyah Sampano cukup baik mengembangkan kompetensi digital guru melalui
pemantauan dan penyesuaian bahan ajar digital, pelatihan teknis, serta
penggunaan platform seperti Google Classroom dan Zoom, Mereka menangani
kendala teknis dengan memperbarui infrastruktur dan menyediakan materi offline,
sambil memanfaatkan teknologi interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa
dan efektivitas penilaian. Madrasah Aliyah Sampano juga berhasil menerapkan
pembelajaran bermutu dengan tiga model pembelajaran secara efektif, yakni
pembelajaran langsung yang terstruktur, pembelajaran berbasis masalah yang
mendorong keterampilan berpikir kritis, dan pembelajaran kontekstual yang
mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa, adapun strategi penguatan
kompetensi guru mencakup pelatihan berkelanjutan, mentoring, dan evaluasi data.
Kepala sekolah menyediakan sumber daya dan mendukung pelatihan sesuai
kebutuhan guru. Keterlibatan guru aktif meningkatkan kualitas pembelajaran.
Langkah-langkah strategi meliputi pemantauan, penetapan indikator, kerja sama
tim, penggunaan teknologi, dan mengatasi resistensi perubahan melalui
komunikasi dan pelatihan.
Kata kunci : kompetensi digital, pembelajaran bermutu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:11
Last Modified: 20 Nov 2024 02:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item