PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG SERTIFIKASI PRODUK MAKANAN HALAL DI KECAMATAN SABBANG

Afrianti, Ika (2024) PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG SERTIFIKASI PRODUK MAKANAN HALAL DI KECAMATAN SABBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Ika Afrianti, 2024. “Pemahaman Masyarakt Tentang Sertifikasi Produk Makanan Halal
di Kecamatan Sabbang”, Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj. Anita Marwing, S.H.I,.M.H.I
Skripsi ini membahas tentang Pemahaman Masyarakat Tentang Sertifikasi Produk
Makanan Halal di Kecamatan Sabbang. Dengan tujuan penelitian yaitu
Mendeskripsikan bagaimana pemahaman masyarakat tentang konsep dan pentingya
sertifikasi produk makanan halal di Kecamatan Sabbang. Mendeskripsikan faktor
penghambat dan pendukung pemahaman masyarakat Kecamatan Sabbang tentang
sertifikasi halal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian diperoleh dari data primer dengan menggunakan teknik observasi, dan
wawancara. Instrumen penelitian atau alat yang digunakan untuk mengambil data dalam
penelitian ini ialah telephone seluler, kamera dan pedoman wawancara. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan konklusi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pemahaman masyarakat di Kecamatan
Sabbang tentang konsep dan pentingnya sertifikasi produk makanan halal masih perlu
ditingkatkan melalui upaya sosialisasi, edukasi, dan pelatihan yang lebih intensif dari
pihak-pihak terkait. Peningkatan pemahaman ini diharapkan dapat mendorong
peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap konsumsi produk pangan
halal yang tersertifikasi, 2. Faktor penghambat dan pendukung pemahaman masyarakat
Kecamatan Sabbang tentang sertifikasi halal, yaitu usia, pendidikan, ekonomi, dan akses
informasi. Kelompok usia muda, berpendidikan tinggi, dan memiliki tingkat ekonomi
menengah ke atas cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sertifikasi
halal dibandingkan dengan kelompok usia tua, berpendidikan rendah, dan memiliki
tingkat ekonomi menengah ke bawah.
Kata Kunci: Sertifikasi Halal, Produk Halal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:03
Last Modified: 20 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9606

Actions (login required)

View Item View Item