ALDIANSYAH, ALDIANSYAH (2024) P ENERAP AN M ETO DE CER A M AH INTERA KTIF DAL AM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TAUHID SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BATUSITANDUK KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Aldiansyah,2024, Penerapan Metode Ceramah Interaktif dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Konsep Tauhid Siswa Kelas VIII
Mts Batusitanduk Kecamatan Walendrang Utara Kabupaten Luwu. “Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo”.
Dibimbing oleh : (1) Alia Lestari, dan (2) Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini adalah studi tentang bentuk penerapan metode ceramah
interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman
konsep tauhid siswa kelas VIII Mts Batusitanduk Kecamatan Walendrang Utara
Kabupaten Luwu.Adapun tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui bagaimana
penerapan metode ceramah interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam terhadap pemahaman konsep tauhid siswa kelas VIII di Mts Batusitanduk
Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui Apa saja
hambatan yang dialami guru dalam penerapan metode ceramah interaktif dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman konsep tauhid siswa
kelas VIII Mts Batusitanduk Kabupaten Luwu.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode peneltian deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian di Mts Batusitanduk Kabupaten Luwu dan waktu
pelaksanaan penelitian dimulai pada 27 Mei hingga 28 Juni. Subjek penelitian
adalah tiga orang guru pendidikan agama Islam. Instrumen penelitian yaitu: alat
tulis, alat perekam dan smartphone. Adapun teknik pengumpulan data penelitian
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data ( Reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) 1. Penerapan metode ceramah
interaktif di Mts Batusitanduk berlangsung dengan baik dikarenakan metode ini
adalah metode yang paling tepat dalam pembelajaran PAI untuk materi
pemahaman konsep tauhid. Olehnya itu penerapannya dapat terlaksana dengan
baik dan memenuhi target pembelajaran. Terdapat metode lain dalam proses
pembelajaran,. Namun hal semacam itu tidak memungkinkan untuk dilakukan
karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh Mts Batusitanduk. 2. Terdapat tiga
hambatan utama yang dialami oleh pihak guru dan juga siswa dalam proses
belajar dikelas yaitu Fasilitas yang tidak memadai, Para guru yang didominasi
oleh guru-guru senior membuat proses belajar jadi terasa sangat tradisional dan
kurang menarik, guru juga terlalu mempersempit waktu tanya jawab dengan
membatasi jumlah penanya dan Permasalahan minat belajar juga menjadi hal yang
sentral dalam menghambat proses pemahaman materi tauhid siswa.Hal inilah
yang diharapkan dapat diperbaiki di masa yang akan datang.
Kata Kunci :Metode Ceramah Interaktif, Pembelajaran PAI, KonsepTauhid.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.37 Khotbah, Khutbah, Ceramah Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:31 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9612 |
Actions (login required)
View Item |