PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus BSI Cabang Ratulangi Kota Palopo)

Sarmila, Sarmila (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus BSI Cabang Ratulangi Kota Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sarmila, 2024, “Pengaruh Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Keputusan
Penggunaan Jasa Bank Syariah (Studi Kasus BSI Cabang Kota Palopo)”.
Skripsi Program Studi PerBankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Suci.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kepercayaan dan promosi terhadap
keputusan nasabah menggunakan jasa Bank syariah di BSI KCP Ratulangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor kedua faktor kepercayaan dan
promosi dalam mempengaruhi penentu keputusan nasabah dalam memilih
menggunakan jasa Bank syariah . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif dengan populasi nasabah di BSI KCP Ratulangi dengan pengambilan
sampel sebanyak 73 responden menggunakan rumus Lameshow. Metode yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis,
uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Alat analisis yang
diguanakan adalah bantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian melalui uji T variabel faktor kepercayaan secara parsial
mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan jasa Bank syariah dilihat tingkat
signifikan yang lebih kecil dari 0,05 yaitu (0.008<0.05) adapun nilai Thitungnya
lebih besar dari T tabel yakni (2,099>1,998) sementara pada variabel faktor
promosi menunjukkan nilai Thitung juga lebih besar dari T tabel yakni
(3.069>1,998) dan nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05 atau (0.003<0.05).
Kemudian pada hasil uji semultan menunjukkan bahwa kepercayaan dan promosi
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah
untuk menabung menggunakan produk dan jasa di BSI KCP Ratulangi, hal ini
dibuktikan dari hasil uji F hitung sebesar 25,181 dengan signifikansi 0,000.
Sedangkan pada hasil pengujian koefisien determinasi pada r square sebesar
0,529. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan nasabah diperoleh oleh variabel
independen sebesar 52,9%.
Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Kepercayaan, Promosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 22 Nov 2024 01:50
Last Modified: 22 Nov 2024 01:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9628

Actions (login required)

View Item View Item