Pratama, Anggarda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAMPION PARALON PADA MATERI IDGHAM DAN IQLAB KELAS IV MI DDI 1 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Anggarda Pratama, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Lampion
Paralon Pada Materi Idgham dan Iqlab Kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Mardi Takwim dan Nur Fakhrunnisaa
Penelitian membahas tentang pengembangan media pembelajaran lampion
paralon pada materi idgham dan iqlab kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Peneliti
mengembangkan media pembelajaran lampion paralon dilatarbelakangi peserta
didik yang kurang aktif dalam pembelajaran dan keterbatasan media pembelajaran
yang digunakan menjadi penyebab ketidakaktifan peserta didik. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas media dan praktikalitas
media pembelajaran lampion paralon. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analyze,
design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar wawancara, lembar obervasi, lembar validasi ahli media, dan ahli materi
serta angket praktikalitas pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan pada tahap analisis didapatkan informasi bahwa di sekolah tersebut
membutuhkan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran menjadi
lebih aktif. Tahap desain dibuat storyboard sebagai rancangan awal pembuatan
media. Produk media pembelajaran lampion paralon yang divalidasi oleh validator
ahli media dengan persentase 84,37% kategori sangat valid dan validator ahli
materi dengan persentase 92,85% kategori sangat valid, serta persentase rata-rata
nilai dari keduanya sebesar 88,61% kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket
praktikalitas pendidik diperoleh persentase 80% kategori praktis dan peserta didik
diperoleh persentase 97,9% kategori sangat praktis, serta persentase rata-rata nilai
dari keduanya sebesar 88,95% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut
bahwa media pembelajaran lampion paralon pada materi idgham dan iqlab kelas
IV MI DDI 1 Kota Palopo, valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Idgham dan Iqlab, Lampion Paralon, Media Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 06:56 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:56 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9642 |
Actions (login required)
View Item |