Julaika, Julaika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERINTEGRASI PERMAINAN EDUKASI WORDWALL PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (585kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (725kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK
Julaika, 2024, ”Pengembangan Media Pembelajaran nteraktif erbasis Canva
Terintegrasi Permainan Edukasi Wordwall pada Materi Pecahan untuk
Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis canva terintegrasi
permainan edukasi wordwall pada materi pecahan, untuk mengetahui prototipe
dari media pembelajaran interaktif berbasis canva teritegrasi permainan edukasi
wordwall pada materi pecahan dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta
keefektivan dari media pembelajaran interaktif berbasis canva terintegrasi
permainan edukasi wordwall pada materi pecahan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development
(R&D) denggan model penggembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap
evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN 173 Kertoraharja dengan
subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV yang
berjumlah 19 orang. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu media interaktif
berbasis canva terintegrasi permainan edukasi wordwall pada materi pecahan.
Kemudian teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah
wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran
interaktif berbasis canva terintegrasi permainan edukasi wordwall pada materi
pecahan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil Validitas yang diperoleh dari
tim validator menunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 81,67% dari ahli
media, 86,67% dari materi, dan 93,33% dari ahli bahasa. Kemudian hasil uji
praktikalitas menunjukkan kriteria sangat valid dimana hasil uji praktikalitas oleh
siswa memperoleh nilai 87,71% dan hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh
nilai 94,23%. Serta berdasarkan hasil uji coba efektivitas yang telah dilakukan
pada siswa kelas IV diperoleh nilai rata-rata pre-test 63,15 sedangkan rata-rata
nilai post-test sebesar 81,84. Hasil uji N-Gain memperoleh rata-rata 0,50 dengan
kategori sedang. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis canva
terintegrasi permainan edukasi wordwall pada materi pecahan cukup efektif
digunakan dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: ADDIE, Canva, Media Pembelajaran, Wordwall, Pecahan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 200 Agama > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah 200 Agama > 2X7.332 Madrasah Aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 08:40 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 08:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9644 |
Actions (login required)
View Item |