AENI, ARIQQA NURUL (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN NORMA RELIGIUS TERHADAP NIAT MENGONSUMSI PRODUK HALAL DI DESA MALIWOWO KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ariqqa Nurul Aeni, 2024 “Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Norma Religius
Terhadap Niat Mengonsumsi Produk Halal Di Desa Maliwowo
Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur”. Skripsi Program
studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Adzan
Noor Bakri, S.E.,Sy MA.Ek.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius
Terhadap Niat Mengonsumsi Produk Halal di Desa Maliwowo Kecamatan
Angkona Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan: Untuk membuktikan
pengaruh pengetahuan produk terhadap niat mengonsumsi masyarakat secara
parsial, untuk membuktikan pengaruh norma religius terhadap niat mengonsumsi
masyarakat secara parsial, dan untuk membuktikan pengaruh pengetahuan produk
dan normareligius terhadap niat mengonsumsi masyarakat secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh pengetahuan
produk dan norma terhadap niat mengonsumsi masyarakat. Populasinya adalah
seluruh masyarakat di Desa Maliwowo yang beragama Islam dengan jumlah 2009
masyarakat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling
dan penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin. Sampel yang digunakan
sebanyak 95 masyarakat. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan
dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini diolah dengan analisis regresi linear
berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Produk (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Mengonsumsi (Y) masyarakat,
variabel Norma Religius (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat
Mengonsumsi (Y) Masyarakat. Pengetahuan Produk (X1) dan Norma Religius
(X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Niat Mengonsumsi (Y)
Masyarakat. Adapun kemampuan Pengetahuan Produk (X1) dan Norma Religius
(X2) dalam menjelaskan perubahan pada Niat Mengonsumsi (Y) Masyarakat yaitu
sebesar 24,5% dan sisanya sebesar 75,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Niat Mengonsumsi, Norma Religius, Pengetahuan Produk
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9654 |
Actions (login required)
View Item |