KIRANA, NURUL (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-WALLET DI KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Kirana, 2024. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-wallet di Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Arsyad L, S.Si., M.Si
Skripsi ini membahas tentang Analisis Kepuasan Pengguna E-wallet di Kota
Palopo. Semakin meningkatnya jumah pengguna dan jenis e-wallet menimbulkan
permasalahan mengenai hal yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam
menggunakan aplikasi e-wallet, dimana kepuasan pengguna suatu teknologi selalu
dikaitkan dengan keberhasilan teknologi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana perbedaan tingkat kepuasan pengguna aplikasi E-wallet di
Kota Palopo sebagai alat transaksi. Jenis penelitian ini adalah peelitian kuantitatif,
yaitu pendekatan yang ditunjukkan untuk melakukan pengkajian terhadap suatu
kebiasaan, orang atau konteks tertentu secara mendalam dan intensif. Populasinya
adalah pengguna aplikasi E-wallet Ovo, Dana, Linkaja, Gopay, serta Shoopepay
di kota Palopo. Pengambilan jumlah sampel 50 responden dari setiap pengguna
aplikasi E-wallet dengan menggunakan accidental sampling. Data diperoleh
melalui kuesioner. Selanjutnya data ini dianalisis menggunakan kruskal wallis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil perhitungan uji anova satu arah
menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan dapat diketahui bahwa
terdapat perbedaan signifikan dalam kepuasan konsumen di kota Palopo dalam
penggunaan aplikasi e-wallet yaitu Dana, Gopay, Ovo, Shopeepay, dan Linkaja.
Dengan demikian, temuan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat
kepuasan konsumen dalam penggunaan aplikasi e-wallet yang diteliti dalam
penelitian ini. Adapun perbedaan tingkat kepuasan pengguna e-wallet di kota
Palopo Dengan demikian, temuan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
tingkat kepuasan konsumen dalam penggunaan aplikasi e-wallet yang diteliti
dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, E-wallet, Aplikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332 Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:31 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9714 |
Actions (login required)
View Item |