PENGARUH MODAL USAHA DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PALOPO

PUTRI, INDAH YULIANTI (2024) PENGARUH MODAL USAHA DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Yulianti Putri, 2024. “Pengaruh Modal Usaha Dan Pemanfaatan E�Commerce Terhadap Daya Saing UMKM Di Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Edi Indra Setiawan, S.E., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Modal Usaha Dan Pemanfaatan E�Commerce Terhadap Daya Saing UMKM Di Kota Palopo. Adapun tujuan
penelitian yaitu ingin mengetahui bagaiaman pengaruh modal usaha, pemanfaatan
e-commerce terhadap daya saing UMKM di Kota Palopo.
Informannya adalah warga yang memiliki usaha. Penelitian berlangsung
selama 1 bulan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Selanjutnya data yang diperoleh di analisis dengan metode SPSS. Sebuah populasi
15.669 dengan jumlah sampel 40 reponden.
Maka penulis dapat menarik kesimpulan bagaimana modal usaha dan
Pemanfaatan E-commerce berpengaruh terhadap daya saing UMKM. Pada
awalnya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palopo jauh lebih
kompetitif ketika mereka memiliki akses terhadap pembiayaan usaha. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,719 lebih tinggi dari t tabel sebesar
2,026 pada tingkat signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,702 atau
70,2% membuktikan hal tersebut. Kedua, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) di Kota Palopo lebih kompetitif setelah menggunakan E-commerce.
Pada taraf signifikansi 5%, nilai t hitung sebesar 2,738 lebih besar dari nilai t tabel
sebesar 2,026, dan koefisien determinasi sebesar 0,702 atau 70,2% semakin
mendukung hal tersebut. Ketiga Daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM) di Kota Palopo dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Modal
Usaha dan Pemanfaatan E-commerce. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung
sebesar 5,926 dibandingkan nilai F tabel sebesar 3,25 dan koefisien determinasi
sebesar 0,702 atau 70,2% memberikan bukti akan hal tersebut.
Kata Kunci : Modal Usaha, Pemanfaatan E-commerce, Daya Saing UMKM,
Kota Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650.021 Statistik Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:56
Last Modified: 18 Dec 2024 03:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9742

Actions (login required)

View Item View Item