PERAN PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU DI MADRASAH TSANAWIYAH KEPPE KABUPATEN LUWU

BASO, ANDI ABDUL WAHAB (2024) PERAN PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU DI MADRASAH TSANAWIYAH KEPPE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Andi Abdul Wahab Baso, 2024. “Peran Pengawas Satuan Pendidikan dalam
Peningkatan Mutu di Madarsah Tsanawiyah Keppe Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam
Negeri Palopo, Pembimbing Taqwa & Hj. Nursaeni.
Skripsi ini membahas tentang peran Pengawas Satuan Pendidikan dalam
peningkatan mutu di Madrasah Tsanawiyah Keppe Kabupaten Luwu. Mutu
pendidikan di sekolah adalah tanggung jawab seorang pengawas yang
menempatkan peran pengawas sekolah sebagai penjamin mutu pada tingkat satuan
pendidikan. Hal tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan pada satuan
pendidikan atau sekolah diperlukan kehadiran pengawas sekolah. Pengawas
sekolah menjadi penting karena dapat memberikan dorongan agar pendidik dan
tenaga kependidikan yang berada dalam lingkup satuan pendidikan termotivasi
untuk berkinerja. Sehingga skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang
dilakukan oleh pegawas satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu di
Madrasah Tsanawiyah Keppe Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data data primer dari kepala Sekolah Madrasah Tanawiyah
Keppe dan pengawas satuan pendidikan. Teknik analisis data terdiri atas reduksi
data, penyampaian data dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan
1) Credibility (Kreibilitas) dan 2) Confirmability (Objektivitas).
Hasil penelitian, 1) Peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di MTs Keppe Kabupaten Luwu dapat digambarkan sebagai berikut,
pertama pengawas sekolah sudah melakukan pemantauan tehadap perencanaan
pembelajaran walaupun pada pelaksanaannya belum secara maksimal, yang kedua
pengawas sekolah sudah melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap guru atau
kepala sekolah sudah berjalan dengan baik karena setiap kali pengawas sekolah
melakukan kunjungan pasti selalu melakukan atau memberikan sedikit ilmu atau
motivasi terhadap guru-guru dan kepala sekolah. 2) Faktor pendukung
pelaksanaan peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MTs Keppe Kabupaten Luwu, yaitu setiap pengawas sekolah ingin berkunjung ke
sekolah selalu mendapatkan respon positif khusunya kepala sekolah dan beberapa
guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut, sedangkan faktor yang menghambat
peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Keppe
Kabupaten Luwu, yaitu masih ada beberapa guru yang tidak mau menerima atau
menghindar dari pengawas di sekolah dikarenakan guru itu beranggapan bahwa
pengawas sekolah itu menakutkan dan menyeramkan.
Kata Kunci : Peran, Pengawas satuan pendidikan, Peningkatan mutu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 00:02
Last Modified: 24 Dec 2024 00:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item