EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LAROMPONG KABUPATEN LUWU

NOVITASARI, NOVITASARI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Novitasari, 2024, “Efektivitas Model Pembelajaran Knisley dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Larompong
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo, dibimbing oleh Sumardin Raupu dan Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran knisley
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1
Larompong kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimanakah aktivitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran knisley,
bagaimanakah keterlaksanaan model pembelajaran knisley di SMP Negeri 1
Larompong, bagaimanakah hasil belajar matematika siswa menggunakan model
pembelajaran knisley, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran knisley
efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP
Negeri 1 Larompong kabupaten Luwu.
Jenis penelitian ini yaitu true eksperimental design tipe pre-test and post�test kontrol group design, teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah
cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas VII di
SMP Negeri 1 Larompong kabupaten Luwu. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar tes pre-test dan post-test, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa termasuk
dalam kategori sangat baik selama menggunakan model pembelajaran knisley, (2)
Keterlaksanaan model pembelajaran knisley dilihat dari aktivitas guru di SMP
Negeri 1 Larompong termasuk dalam kategori sangat baik, (3) Hasil belajar
matematika siswa terjadi kenaikan yang signifikan pada nilai rata-rata post-tets,
dimana nilai rata-rata post-test termasuk dalam kategori baik, (4) Berdasarkan
perhitungan rata-rata kedua data yaitu yang berarti bahwa model
pembelajaran knisley efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran knisley lebih rendah dari nilai rata�rata hasil belajar matematika siswa sesudah menggunakan model pembelajaran
knisley.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Knisley, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 00:53
Last Modified: 24 Dec 2024 00:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9766

Actions (login required)

View Item View Item