PENGARUH ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO

OCTAVIANA, IIN (2024) PENGARUH ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Iin Octaviana, 2024. Pengaruh Antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Berpikir
Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V di SDN 41 Batu Putih
Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nurdin K. dan Nilam Permatasari Munir
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Antara Efikasi Diri dengan
Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V di SDN
41 Batu Putih Kota Palopo. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah
gambaran efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis serta untuk mengetahui
bagaimanakah pengaruh antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis
siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post
facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo dengan
populasi adalah siswa kelas V dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik
Cluster Random Sampling sehingga total sampel yaitu seluruh siswa kelas V siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri dan tes
kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial yaitu regresi
sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). gambaran efikasi diri siswa
berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 31.07. 2). gambaran kemampuan
berpikir kritis siswa berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 78,27. 3).
tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan
berpikir kritis siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor lain, seperti metode
pengajaran dan lingkungan belajar, mungkin lebih berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:25
Last Modified: 24 Dec 2024 06:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item