GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU

NURMALIA, NURMALIA (2022) GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
NURMALIA, 2022. Gambaran motivasi belajar dan hasil belajar pendidikan
agama Islam selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa kelas XI SMA
Negeri 5 Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hj. Nursyamsi dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang gambaran motivasi belajar dan hasil belajar
pendidikan agama Islam selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Luwu selama pembelajaran jarak jauh, untuk mengetahui apa saja
kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam selama melaksanakan
pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 5 Luwu, serta upaya guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5
Luwu selama pembelajaran jarak jauh.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif Adapun
sumber informasi dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMAN 5 Luwu,
3 Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI. Untuk mengumpulkan data
penulis menggunakan beberapa teknik diantaranya teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan
metode yang baik dalam menyampaikan materi pembelajaran sehinnga siswa
tidak merasa bosan. Selain metode yang baik digunakan dalam menyampaikan
materi guru pendidikan agama Islam juga menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan seperti membahas materi pelajaran dengan santai dengan
menyesuaikan kondisi siswa. Kedua, kendala yang dialami guru pendidikan
agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yaitu jaringan yang
tidaknstabil, keterbatsaan kuota dan keterbatasan siswa mempunyai handphone. Ketiga, upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar
siswa yaitu dengan meningkatkan motivasi. Motivasi sangat penting ada didalam
diri siswa agar lebih terdorong untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan
meningkatkan motivasi belajar siswa maka siswa akan terdorong untuk aktif
dalam proses pembelajaran sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih
optimal.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:40
Last Modified: 24 Dec 2024 06:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item