KEPRAKTISAN MODUL PEMBELAJARAN KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN TERINTEGRASI PERILAKU TERPUJI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO

INGGRITH, INDAH MILENIA (2024) KEPRAKTISAN MODUL PEMBELAJARAN KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN TERINTEGRASI PERILAKU TERPUJI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Milenia Inggrith, 2024 “Kepraktisan Modul Pembelajaran Kebersamaan
Dalam Keberagaman Terintegrasi Perilaku Terpuji pada Peserta Didik
Kelas IV di SDN 24 Temmalebba Kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin
Kaso dan Hisbullah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepraktisan Modul Pembelajaran
Kebersamaan Dalam Keberagaman Terintegrasi Perilaku Terpuji. Metode
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 24 Temmalebba Kota Palopo April�Desember 2023. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VI yang berjumlah
14 siswa serta objek penelitian berupa modul pembelajaran kebersamaan dalam
keberagaman terintegrasi perilaku terpuji.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara
guru, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil Uji praktikalitas modul
pembelajaran dengan tema kebersamaan dalam keberagaman yang terintegrasi
dengan perilaku terpuji menunjukkan bahwa modul ini secara umum praktis
digunakan dan mudah dipahami oleh guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran telah digunakan
dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas. Modul tersebut diterapkan secara
sistematis dan terintegrasi dengan materi pelajaran yang relevan, terutama
mengenai kebersamaan dalam keberagaman serta pengembangan perilaku terpuji
siswa. Guru menggunakan modul sebagai panduan utama dalam menyampaikan
materi, dan siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul sebagai
sumber belajar yang mendukung. Uji praktikalitas guru diperoleh melalui
wawancara bahwa modul ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran, namun
memerlukan beberapa perbaikan. Koreksi yang diusulkan mencakup penambahan
sedikit materi dan asesmen untuk lebih mengakomodasi kebutuhan siswa.
Sementara itu, hasil uji praktikalitas yang dilakukan pada siswa menunjukkan
angka sebesar 37,92%, yang menempatkannya dalam kategori kurang praktis.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Perilaku Terpuji, Kepraktisan dan
Kebersamaan dalam Keberagaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:50
Last Modified: 24 Dec 2024 06:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item