SARI, NUR MITA (2024) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DALAM KELUARGA BROKEN HOME ( STUDI KASUS DI DESA MINANGA KECAMATAN RONGKONG ). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Mita Sari, 2024 “Pendidikan Agama Islam anak dalam Keluarga Broken
Home Studi Kasus di Desa Minanga Kecamatan Rongkong.” Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Islam Negeri
Palopo, Dibimbing oleh: Hj. Nursaeni dan Subhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Agama Islam
keluarga broken home di Desa Minanga Kecamatan Rongkong dan manfaat
Pendidikan Islam pada keluarga broken home di Desa Minanga Kecamatan
Rongkong kemudian Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan pendidikan Agama Islam anak dalam keluarga broken home di
Desa Minanga Kecamatan. Rongkong. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode
deskriptif kualitatif. Teknik dalam menganalisis data menggunakan tiga teknik:
Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Adapun pengumpulan
data yang digunakan yaitu triangulasi. Adapun sumber data dari data Primer dan
data Sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan Agama
Islam pada anak korban kasus broken home Guru Pendidikan Agama Islam
bekerjasama dengan pihak Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an dan orang tua
dengan cara membuat buku control yang diberi istilah buku Mutaba’ah, yang
dijadikan alternatif dalam mengontrol akhlak siswa, Guru Taman Pendidikan Al�Quran melakukan penerapan pendidikan Agama Islam kepada anak broken home
menyuruh untuk rajin mengaji, menghafalkan doa-doa dan hadits keseharian,
adapun metode orang tua sampaikan lebih cenderung kepada pemberian nasehat
dan menyuruh membiasakan ikut mengaji. adapun manfaat yang didapatkan anak
menjadi mendengar dan faham ilmu agama dan baca al-Quran. Faktor
pendukungnya adalah sekolah dengan mayoritas muslim sehingga guru
Pendidikan agama Islam lebih leluasa dalam mengadakan interaksi antara guru
Taman Pendidikan Al-Quran dan orang Tua. Adapun dampak dari kasus
perceraian adalah anak merasa kurang perhatian, kondisi psikis cenderung ingin
bebas, tidak adanya nafkah dari orang tua dapat menjadi putusnya sekolah bagi
anak.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, anak Keluarga Broken Home
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 00:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 00:37 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9780 |
Actions (login required)
View Item |