PENGEMBANGAN MEDIA GAME BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT MATERI PELUANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO

AMRI, MUH IKSANUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT MATERI PELUANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (12MB)

Abstract

24. “Pengembangan Media Game Based Learning
Berbantuan Powerpoint Materi Peluang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP
Negeri 7 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Aishiyah Saputri
Laswi.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media game based learning
berbantuan powerpoint materi peluang pada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri
7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas
media, dan efektivitas media game based learning terhadap hasil belajar peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo, dan produk akhir media game based
learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D),
dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis
(Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 14
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah
pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi produk (media, materi, dan
bahasa), angket responden (guru dan peserta didik) dan soal tes hasil belajar (pretest
dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) produk akhir dari
media pembelajaran matematika berupa aplikasi game based learning yang
bernama ”Space Math” dengan pokok bahasan peluang kelas VIII. Adapun produk
yang dikembangkan memuat menu utama (yang terdiri dari petunjuk, materi, profil
pengembang, tombol mulai, dan tombol keluar aplikasi) dan terdapat 2 jenis soal
(pilihan ganda menembak meteor dan kuis memilih planet) yang masing-masing
memiliki 4 pilihan jawaban, (2) hasil validasi ahli media, materi, dan bahasa berada
pada kategori sangat valid, (3) hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik
berada pada kategori sangat praktis, (4) hasil uji efektivitas berada pada kategori
cukup efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Implikasi dari media game based learning
berbantuan powerpoint adalah: (1) membuat peserta didik dapat belajar secara
mandiri kapanpun dan dimanapun, (2) peserta didik tertarik untuk menggunakan
media karena tampilannya yang menarik dan menyenangkan karena dapat bermain
sambil belajar, (3) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (4) sebagai bahan
media tambahan guru ketika proses pembelajaran.
Kata Kunci: Game Based Learning, Media, Peluang, Powerpoint.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Jan 2025 01:33
Last Modified: 03 Jan 2025 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item