PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN INKUIRI PADAMATERISISTEMPERSAMAAN LINEARDUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALOPO

UMAMAH, ZAFITRAH (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN INKUIRI PADAMATERISISTEMPERSAMAAN LINEARDUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Zafitra Umamah, 2024. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada
Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP
Negeri 6 Palopo Tahun Ajaran 2024/2025,” Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo,
dibimbing oleh Alia Lestari dan Nilam Permatasari Munir.
Permasalahan dalam penelitian ini mengenai aktivitas guru dan siswa model
pembelajaran inkuiri berlangsung serta peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A
SMP Negeri 6 Palopo Tahun Ajaran 2024/2025 melalui model pembelajaran
inkuiri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis
dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 6 Palopo yang berjumlah 26 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes kemampuan pemecahan
masalah dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa dan guru pada siklus I
berada pada kategori “baik,” begitupun pada siklus II aktivitas guru dan siswa
mengalami peningkatan sehingga berada pada kategori “sangat baik.” Kemudian
kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A mengalami peningkatan
selama model pembelajaran inkuiri berlangsung pada materi Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
penelitian ini selesai pada siklus II. Sehingga model pembelajaran inkuiri dapat
direkomendasikan sebagai acuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP
Negeri 6 Palopo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:04
Last Modified: 03 Jan 2025 02:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item View Item