MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SDN 23 LABUCAE KABUPATEN LUWU

RISMA, RISMA (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SDN 23 LABUCAE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Risma, 2023, “Manajemen Sarana dan Prasarana di SDN 23 Labucae
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj. Fauziah Zainuddin dan Firman
Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Sarana dan Prasaran di SDN 23
Labucae Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian (1) Bagaimana perencanaan sarana
dan prasarana di SDN 23 labucae, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana
dan prasarana di SDN 23 labucae, (3) Apa saja hambatan manajemen sarana dan
prasarana di SDN 23 labucae.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana
di SDN 23 labucae, serta ingin mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan
prasarana di SDN 23 labucae, juga sekaligus mengetahui hambatan manajemen
sarana dan prasarana di SDN 23 labucae. Metode penelitian yang digunakan yaitu
dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan dataa yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, staf tata usaha dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan sarana dan
prasarana dilakukan pada awal tahun ajaran baru dengan mengadakan
musyawarah dengan pihak yayasan untuk membahas tentang strategi perencanaan
seperti pengembangan fasilitas, perluasan ruang kelas dan penguatan keamanan.
Sumber pendanaan berasal dari masyarakat, dan dana BOS. (2) Pelaksanaan
sarana dan prasarana dilakukan dengan pengadaan fasilitas melibatkan evaluasi
fasilitas dan pengembangan rencana dengan mempertimbangkan anggaran,
sumber daya, dan waktu pelaksanaan. Inventarisasi dilakukan dengan pendataan
fasilitas sekolah, mengelompokkannya, memberi label, dan memperbarui data
inventarisasi secara berkala. Para siswa diarahkan untuk menggunakan fasilitas
sesuai kebutuhan pendidikan. Sekolah memilih memperbaiki sarana dan prasarana
yang rusak dibandingkan penghapusan. (3) Hambatan yang dialami oleh sekolah
dalam manajemen sarana dan prasarana yaitu kurangnya kesadaran dan tanggung
jawab para siswa dalam merawat fasilitas sekolah.
Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:57
Last Modified: 03 Jan 2025 02:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item