UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 PALOPO

MILAWATI, FITRI (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitri Milawati, 2024. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta
Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2
Palopo. “Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo”.
Dibimbingan oleh: (1) Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. dan Mawardi,
S.Ag., M.Pd.I.
Skripsi ini adalah studi tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 2 Palopo. Adapun tujuan penelitian : 1) Untuk mendeskripsikan upaya
guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Palopo dan 2) Untuk mengetahui
kendala guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Palopo dan solusinya.
Peneliti menggunakan jenis field reaserch dan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian yaitu : Kepala Sekolah, guru PAI dan peserta didik.
Instrumen penelitian yaitu peneliti dengan menggunakan alat tulis, alat perekam
dan handphone. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Upaya guru dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 2 Palopo meliputi: a) Guru membimbing dan menasehati
peserta didik, b) Membiasakan peserta didik tepat waktu, c) Memberikan motivasi
kepada peserta didik dan d) Guru menjadi contoh atau teladan bagi peserta didik
dan 2. Kendala guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Palopo dan solusinya
meliputi: a) Kendala guru antara lain; (1) Kurangnya kesadaran peserta didik
dalam belajar, (2) Pengaruh negatif dari sesama teman dan (3) Adanya peserta
didik yang susah diatur saat pembelajaran berlangsung, b) Solusinya antara lain:
(1) Kerjasama/komunikasi orang tua/wali murid dan (2) Memberi hukuman
kepada peserta didik yang kurang disiplin.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kedisiplinan, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:52
Last Modified: 06 Jan 2025 02:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item