PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII MTs NEGERI LUWU TIMUR

ZULKIFLI, ZULKIFLI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII MTs NEGERI LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Zulkifli, 2024. “Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Maker pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII MTs Negeri Luwu
Timur”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Sukirman Nurjand dan M. Zuljalal Al Hamdany
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan peserta
didik, pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektivan e-modul berbasis
flipbook maker pada pembelajaran Pendidikan agama Islam kelas VIII MTs Negeri
Luwu Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development), untuk menghasilkan produk pengembangan e-modul berbasis
flipbook maker pada pembelajaran pendidikan agama Islam, penelitian ini mengacu
pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangan yaitu analisis (analyze),
desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation),
dan evaluasi (evaluatation). Subjek uji coba pada penelitian ini merupakan peserta
didik kelas VIII C MTs Negeri Luwu Timur tahun ajaran 2023/2024 yang
berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpula data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan angket. Adapun Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriktif kuantitatif.
Hasil penelitian ini telah melalui tahap analisis kebutuhan, proses
pengembangan yang menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook maker
dinyatakan layak berdasarkan penilaian dari validator ahli madia yang memproleh
presentase sebesar 86% dalam kategori sangat valid sedangkan dari validator ahli
media memperoleh presentase sebesar 100% dalam kategori sangat valid. Adapun
kriteria dari praktikalitas berdasarkan hasil praktisi pendidik diproleh presentase
sebesar 91% dalam kategori sangat praktis dan respon peserta didik memperoleh
skor sebesar 88% dalam kategori sangat praktis. Uji keefektivan pada penelitian
memperoleh presentase sebesar 88,5% dalam kategori sangat efektiv.
Kata Kunci: E-modul, Flipbook Maker, Pendididkan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:07
Last Modified: 07 Jan 2025 06:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9811

Actions (login required)

View Item View Item