KHAERULLAH, KHAERULLAH (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU DI SMPN 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Khaerullah, 2024. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Peningkatan
Literasi Digital Guru Di SMPN 1 Palopo.” Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Tasdin Tahrim dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas mengenai Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah
Pada Peningkatan Literasi Digital Guru di SMPN 1 Palopo. Tujuan penelitian ini
yaitu: untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan
literasi digital guru di SMPN 1 Palopo; untuk mengetahui literasi digital guru di
SMPN 1 Palopo; dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
yang berkontribusi pada peningkatan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
diambil adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah dan juga guru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam
meningkatkan literasi digital guru di SMPN 1 Palopo di antaranya: peran kepala
sekolah sebagai educator, dalam memenuhi perannya sebagai pendidik, kepala
sekolah harus mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalitas
tenaga pendidik dan kependidikan di sekolahnya, peran kepala sekolah sebagai
supervisor, kepala sekolah harus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada
guru, khususnya berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengajar di kelas, agar
berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta dapat dicapai secara efektif dan
efisien, peran kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah harus memiliki
kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan semua personil sekolah agar
dapat melakukan tugas secara efektif, kepala sekolah sebagai motivator, kepala
sekolah aktif memotivasi guru untuk meningkatkan keterampilan digital mereka,
kepala sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong guru
untuk berpartisipasi dalam pelatihan dan workshop dalam pengembangan digital:
(2) Literasi digital guru di SMPN 1 Palopo yaitu (a) sosial networking, jaringan
sosial (b) maintening privacy, menjaga pripasi (c) creating content, membuat
konten: (3) Faktor yang menjadi pendukung dalam pengembangan literasi digital
guru di SMPN 1 Palopo yaitu; sekolah secara rutin mengadakan pelatihan dan
workshop untuk guru dan staf, pelatihan ini mencakup penggunaan platform
pembelajaran online, pembuatan konten digital, dan aplikasi edukasi, sekolah juga
melibatkan narasumber bersertifikat dan mentor untuk memberikan bimbingan dan
edukasi terkait peningkatan literasi digital: Adapun faktor penghambat, hambatan
kecil sering kali berasal dari diri sendiri, dan usia yang tidak muda lagi dalam
mengembangkan pengetahuan literasi digital.
Kata Kunci: Peran kepala sekolah, Kepemimpinan, Literasi Digital
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 01:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 01:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9818 |
Actions (login required)
View Item |