AFDAL, AFDAL (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Afdal, 2024. “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 2
Palopo.” Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh Tasdin Tahrim dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Manajemen Sarana dan
Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 2
Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui bagaimanakah manajemen
sarana dan prasarana di SMA Negeri 2 Palopo; untuk mengetahui bagaimanakah
kualitas pelayanan pendidikan di SMA Negeri 2 Palopo; untuk mengetahui apa
sajakah faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMA Negeri 2
Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
diambil adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakasek sarana dan prasarana, staf TU, dan
guru SMA Negeri 2 Palopo.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, manajemen sarana dan
prasarana di SMA Negeri 2 Palopo menjadi kunci peningkatan kualitas pelayanan
pendidikan. Proses manajemen sarana dan prasarana dimulai dengan perencanaan
sistematis, seperti identifikasi kebutuhan, pendataan, anggaran, dan evaluasi.
Pengadaan dilakukan secara online untuk elektronik dan offline untuk barang
lainnya. Untuk pemesanan online, seperti melalui SIPlah, digunakan untuk barang
elektronik seperti laptop, komputer, dan televisi. Sedangkan untuk pemesanan
offline, seperti kursi dan meja. Inventarisasi dilakukan staf tata usaha dengan
pendataan, pelabelan, dan pembaruan berkala. Penggunaan fasilitas diatur dengan
formulir dan jadwal, sementara pemeliharaan dilakukan rutin dengan memeriksa
dan memperbaiki perangkat. Dalam proses penghapusan melibatkan evaluasi
kondisi barang, kebutuhan sekolah, dan anggaran. Kedua, kualitas pelayanan
pendidikan di SMA Negeri 2 Palopo sudah memenuhi lima dimensi pokok
kualitas pelayanan pendidikan yang dapat dipenuhi untuk menciptakan kepuasan
pelanggan meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Ketiga, Faktor pendukung implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMA
Negeri 2 Palopo meliputi tim kompeten, dukungan anggaran, kerja sama dengan
komite sekolah dan masyarakat, serta fasilitas dan pelatihan yang memadai.
Faktor penghambatnya termasuk keterbatasan anggaran, usia sekolah yang
menyebabkan kerusakan, birokrasi yang rumit, dan kurangnya kesadaran siswa
dalam merawat fasilitas.
Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, dan Kualitas Pelayanan
Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 01:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9819 |
Actions (login required)
View Item |