RESKI, MUTIA (2024) MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERUNDUNGAN (BULLYING) PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mutia Reski, 2024. “Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap
Perundungan (bullying) Peserta Didik di SMA Negeri 1 Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islaam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan Alauddin.
Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Layanan Bimbingan dan
Konseling terhadap Perundungan (bullying) Peserta Didik di SMA Negeri 1
Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen layanan
bimbingan dan konseling terhadap perundungan (bullying) dan bentuk-bentuk
perundungan (bullying) yang terjadi pada peserta didik di SMA Negeri 1 Luwu
Utara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru BK dan siswa. Data
penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perundungan (bullying) adalah
perilaku agresif berulang yang menyakiti orang lain dalam berbagai bentuk
perundungan (bullying) yang kerap terjadi yaitu bullying fisik, verbal, emosional,
sosial, dan cyber bullying, yang akan berdampak pada psikologis. Memahami
bentuk-bentuk perundungan di SMA Negeri 1 Luwu Utara membantu guru dalam
mengembangkan kebijakan anti-bullying dan menciptakan lingkungan sekolah
yang aman dan inklusif di mana siswa merasa aman dan diterima. 2) Perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan manajemen layanan bimbingan dan
konseling di SMA Negeri 1 Luwu Utara telah dilakukan secara sistematis untuk
menangani perundungan. Proses perencanaan melibatkan rapat koordinasi dengan
guru dan kepala sekolah, diikuti dengan pelaksanaan program sesuai regulasi yang
melibatkan stakeholder untuk menangani kasus perundungan dan sosialisasi
kepada siswa tentang dampak negatifnya. Evaluasi dilakukan melalui survei
anonim kepada peserta didik, guru, dan orang tua, serta perbandingan kondisi
sebelumnya dan sekarang untuk mengukur penurunan insiden perundungan.
Pengawasan dilakukan melalui laporan berkala dari konselor dan umpan balik dari
berbagai pihak untuk menilai efektivitas program tersebut.
Kata Kunci: Manajemen Layanan, Bimbingan dan Konseling, Perundungan
(bullying).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 07:00 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 07:00 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9825 |
Actions (login required)
View Item |