PELAKSANAAN INTEGRASI KEILMUAN PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO

JUMRAH, JUMRAH (2024) PELAKSANAAN INTEGRASI KEILMUAN PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumrah, 2024. “Pelaksanaan Integrasi Keilmuan Pada Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baderiah, dan
Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan integrasi keilmuan pada
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengetahui pelaksanaan integrasi keilmuan pada program studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo; Untuk mengetahui pendukung dan penghambat pelaksanaan
integrasi keilmuan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah Wakil Dekan II FTIK, Ketua Program Studi, Dosen, dan
Mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Analisis data menggunakan tiga langkah yaitu: tahap reduksi data;,
tahap penyajian data;, tahap visualisasi data untuk penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan integrasi keilmuan
sudah terlaksana dalam pembelajaran yang terlihat pada RPS, bahan
pembelajaran, dan penggunaan metode yang tepat. Integrasi keilmuan di prodi
Manajemen Pendidikan Islam sudah lama dicetuskan oleh pimpinan, yang
kemudian pimpinan baru melanjutkan program itu sesuai dengan visi misi baik
dalam institusi, fakultas, dan visi misi program studi. Faktor Pendukung terdiri
dari; Faktor kualitas Sumber Daya Manusia dan Faktor kebijakan dari
pemerintah,; dan faktor penghambat terdiri dari; Keterbatasan anggaran, bahan
ajar, sarana dan prasarana, dan buku panduan dalam pelaksanaan integrasi
keilmuan di program studi Manajemen Pendidikan Islam
Kata Kunci: Pelaksanaan, Integrasi Keilmuan, Manajemen Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:15
Last Modified: 08 Jan 2025 07:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

View Item View Item