SULPIANI, SULPIANI (2024) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (405kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sulpiani 2024 “Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam menumbuhkan
keterampilan belajar peserta didik di SMPNegeri 3 Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyahdan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nurdin K dan Salmilah.
Skripsi ini membahas tentang Bagaimanakah pengelolaan perpustakaan
dalam menumbuhkan keterampilan belajar peserta didik Di SMP Negeri 3 Polopo.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan dalam
menumbuhkan keterampilan belajar peserta didik di SMPN 3 Palopo
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan
deskriptif dimana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Setelah data
terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau
sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan perpustakaan
sekolah telah dilaksanakan dengan melihat indikator pada perencanaan
pengelolaan perpustakaan, melakukan pengelolaan pada bahan pustaka,
melengkapi bahan pustaka, perencanaan program kerja, melengkapi fasilitas
serta penyusunan bidang-bidang yang terdapat distruktur organisasi
perpustakaan, (2) Pengorganisasian pengelola perpustakaan sekolah di SMP
Negeri 3 Palopo meliputi Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Pustakawan
dalam bidang pelayanan dan referensi, pengadaan dan pengelolaan serta dewan
guru, staf pegawai dan peserta didik, (3) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan
sekolah di SMP Negeri 3 Palopo terdapat pengadaan koleksi, program-program
yang telah dilaksanakan, serta pelayanan. Dalam hal pelayanannya meliputi
pinjaman buku, penyediaan bahan pustaka, pengembalian buku serta
memberikan edukasi kepada peserta didik bahwa pentingnya untuk membaca
buku. Sehingga dengan demikian peserta didik tumbuh keteladanan dan
keterampilan belajar nya.(4) Evaluasi pengelolaan perpustakaan sekolah di SMP
Negeri 3 Palopo dilakukan secara rutin oleh Kepala Sekolah dan mempunyai
jadwal khusus untuk mengontrol pengelola perpustakaan, Kepala Perpustakaan
setiap harinya bertemu dengan para pustakawan dengan demikian hal ini dapat
memudahkan komunikasi diantara mereka, dan kemudian setiap setahun sekali
membuat laporan tahunan yang nantinya akan diteliti oleh Kepala Sekolah. (5).
Keterampilan belajr peserta didik di SMP Negeri 3 Palopo. Perpustakaan sudah
dimanfaatkan dengan baik oleh guru maupun peserta didik, pengelolaanya
sangat bagus serta koleksi-koleksi yang ada juga dimanfaatkan, sehingga
menimbulkan semagat bagi peserta didik utuk berkujung keperpustakaan oleh
sebab itu perpustakaan sudah bermanfaat untuk menumbuhkan keterampilan
belajar peserta didik disekolah ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:12 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9836 |
Actions (login required)
View Item |