MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 PALOPO

NURHALISA, NURHALISA (2024) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhalisa, 2024.“Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi
Dalam Menigkatkan Mutu Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri
2 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nursaeni dan Dodi Ilham.
Skripsi ini membahas mengenai manajemen penerimaan peserta didik baru
sistem zonasi dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bentuk penerapan
sistem zonasi dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Palopo; untuk mengetahui respon stakeholders melalui penerapan sistem
zonasi dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2
Palopo; untuk mengetahui hambatan stakeholders melalui penerapan sistem
zonasi dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2
Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi,
wawancara, dan telaah dokumen.Adapun teknis analisis data yang diambil adalah
redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini
yaitu kepala sekolah, Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, Guru dan Siswa
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk penerapan sistem
zonasi dalam meningkatkan mutu sekolah menunjukkan proses yang sistematis
mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Proses perencanaan dimulai dengan
pembentukan panitia dan menetukan daya tampung peserta didik. Kemudian,
melakukan sosialisasi kepada sekolah yang berada dalam zona untuk mengetahui
prosedur dalam penerimaan peserta didik baru sistem zonasi, menyiapkan sumber
daya secara optimal dan perencanaan dilakukan tahunan sesuai petunjuk teknis
pemerintah provinsi. Proses pelaksanaan dilakukan sepenuhnya secara daring
(online) dan membentuk tim IT untuk mendukung kelancaran selama proses
pelaksanaan. Proses evaluasi panitia menyusun laporan kegiatan untuk
menganalisis perubahan dalam pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan
metode diagram. (2) Respon stakeholders melalui penerapan sistem zonasi dalam
meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palopo
mendapatkan respon positif dengan 65% calon peserta didik diterima melalui jalur
zonasi yang membantu mengurangi kesenjangan antara sekolah unggul dan
tertinggal. (3) Hambatan stakeholders melalui penerapan sistem zonasi dalam
meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palopo
menunjukkan bahwa kurangnya sosialisasi dan selama proses pendaftaran, terjadi
masalah teknis seperti koneksi jaringan yang terputus karena server yang lambat
dan error.
Kata Kunci: Manajemen, Penerimaan peserta didik baru, Sistem Zonasi, Mutu
Sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:23
Last Modified: 09 Jan 2025 02:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item