PENGARUH REWARD DAN PUNISMENT TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 2 PALOPO

SAFITRIYANI, SAFITRIYANI (2024) PENGARUH REWARD DAN PUNISMENT TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Safitriyani, 2024. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palopo”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian reward dan
punishment terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk
mengetahui gambaran umum reward dan punishment di sekolah menengah atas
negeri 2 Palopo; mengetahui gambaran umum prestasi belajar siswa di sekolah
menengah atas negeri 2 Palopo; mengetahui pengaruh reward terhadap prestasi
belajar siswa; mengetahui pengaruh punishment terhadap prestasi belajar siswa;
dan mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap prestasi belajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
ex-post facto. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
sekolah menengah atas negeri 2 Palopo yaitu sebanyak 140 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta didik.
Pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran angket dan tes. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis
statistik inferensial dengan bantuan miscrosoft office excel dan software SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) baik reward maupun punishment
diberikan oleh pihak sekolah, namun sangat perlu memperhatikan segala aspek
waktu yang tepat dalam pemberian reward dan punishment ini. 2) Pemberian
reward memberikan pengaruh positif yang siginifikan terhadap prestasi belajar
siswa. 3) Begitupun dengan pemberian punishment juga memberikan pengaruh
positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 4) Pemberian reward dan
punishment secara bersama-sama juga menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Temuan ini memberikan implikasi bahwa pemberian reward dan punishment
yang tepat dapat menjadi alat yang efektif untuk memupuk minat belajar siswa
sehingga menjadikan prestasi belajar siswa lebih meningkat.
Kata Kunci: Pengaruh, Reward, Punishment, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:30
Last Modified: 09 Jan 2025 02:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item