STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Masamba)

PUTRI, EKA YULIA (2022) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Masamba). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Yulia Putri, 2022. “Strategi Marketing Public Relation Dalam
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi PT. Suracojaya Abadi
Motor Cabang Masamba)”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Marketing Public Relation Dalam
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi PT. Suracojaya Abadi Motor
Cabang Masamba). Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana
penerapan strategi marketing public relation pada PT. Suracojaya Abadi Motor
dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi dengan narasumber dari internal PT. Suracojaya Abadi
Motor Cabang Masamba.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempertahankan
loyalitas pelanggan PT. Suracojaya Abadi Motor menggunakan strategi marketing
public relation berupa Three Ways Strategy, yaitu pull strategy (menarik) dalam
menarik perhatian pelanggan melalui publikasi di media social dengan
memanfaatkan facebook, instagram, twitter, dan melalui media cetak seperti,
brosur, flyer, dan e-katalog Yamaha, push strategy (mendorong) dengan
mengadakan promo service gratis, promo diskon ganti oli, promo potongan harga
produk yang berbeda setiap bulannya di momentum dan hari besar seperti hari
pelanggan nasional (harpelnas), bulan ramadhan, hari kemerdekaan RI dan tahun
baru, dan pass strategy (mempengaruhi) dengan menciptakan opini public adalah
dengan melakukan kegiatan CSR seperti santunan yatim piatu, donor darah,
berbagi menu takjil ke pesantren-pesantren pada bulan suci ramadhan dan berbagi
makanan di hari jumat berkah serta mengadakan pertemuan khusus dengan para
pelanggannya satu kali pertemuan setahun yang biasa disebut dengan CRM.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Public Relation, Strategi Public Relation

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650.021 Statistik Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 10 Jan 2025 00:41
Last Modified: 10 Jan 2025 00:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item