PUTRI, EKA YULIA (2022) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Masamba). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
ABSTRAK.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of REPOSITORY.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
REPOSITORY.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Eka Yulia Putri, 2022. “Strategi Marketing Public Relation Dalam 
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi PT. Suracojaya Abadi 
Motor Cabang Masamba)”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis 
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri 
Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Marketing Public Relation Dalam 
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi PT. Suracojaya Abadi Motor 
Cabang Masamba). Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana 
penerapan strategi marketing public relation pada PT. Suracojaya Abadi Motor 
dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah jenis 
penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif. 
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, 
observasi dan dokumentasi dengan narasumber dari internal PT. Suracojaya Abadi 
Motor Cabang Masamba. 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempertahankan 
loyalitas pelanggan PT. Suracojaya Abadi Motor menggunakan strategi marketing 
public relation berupa Three Ways Strategy, yaitu pull strategy (menarik) dalam 
menarik perhatian pelanggan melalui publikasi di media social dengan 
memanfaatkan facebook, instagram, twitter, dan melalui media cetak seperti, 
brosur, flyer, dan e-katalog Yamaha, push strategy (mendorong) dengan 
mengadakan promo service gratis, promo diskon ganti oli, promo potongan harga 
produk yang berbeda setiap bulannya di momentum dan hari besar seperti hari 
pelanggan nasional (harpelnas), bulan ramadhan, hari kemerdekaan RI dan tahun 
baru, dan pass strategy (mempengaruhi) dengan menciptakan opini public adalah 
dengan melakukan kegiatan CSR seperti santunan yatim piatu, donor darah, 
berbagi menu takjil ke pesantren-pesantren pada bulan suci ramadhan dan berbagi 
makanan di hari jumat berkah serta mengadakan pertemuan khusus dengan para 
pelanggannya satu kali pertemuan setahun yang biasa disebut dengan CRM.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Public Relation, Strategi Public Relation
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650.021 Statistik Bisnis | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 10 Jan 2025 00:41 | 
| Last Modified: | 10 Jan 2025 00:41 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9855 | 
