SAPRILLAH, SAPRILLAH (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA SD NEGERI 075 LAMBIRI KECAMATAN SEKO KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (569kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (681kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Saprillah “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Nilai-Nilai
Keagamaan pada Siswa SD 075 Lambiri KecamatanSeko Kabupaten Luwu Utara”.
Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. St. Marwiyah, M.Ag.
Pembimbing (II) Nursaeni, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Nilai-Nilai Keagamaan
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah Peran Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Membina Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa SD 075 Lambiri
KecamatanSeko Kabupaten Luwu Utara. Adapun sub pokok masalahnya yaitu: 1)
Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina nilai-nilai keagamaan
pada peserta didik di SD 075 Negeri Lambiri Kecamatan Seko? 2) Bagaimana upaya
yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai keagamaan
Siswa di SD Negeri 075 Lambiri Kecamatan Seko? 3) Apa faktor pendukung dan
penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai keagamaan siswa
di SD Negeri 075 Lambiri Kecamatan Seko?
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif, yakni mengangkat fakta, keadaan, variabel,
dan fonemena-fonemena yang terjadi. Dengan menggunakan pendekatan pedagogik,
psikologis, dan empiris. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data
primer melalui studi lapangan (field research) dengan wawancara Kepala SD Negeri 075
Lambiri, Guru pendidikan agama Islam, siswa SD Negeri 075 Lambiri, dan data sekunder
melalui studi pustaka (library research), dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Anlisis dan pengolahan data yakni dengan
reduksi data, penarikan kesimpulan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Peran guru penidikan agama Islam dalam
membina nilai-nilai keagamaan di SD Negeri 075 Lambiri, dilakukan melalui
pembiasaan, keteladanan, pembelajaran, pengontrolan, pembinaan, nasihat, pemberian
tugas, dan tanya jawab. 2) Adapun upaya lain yang dilakukan guru pendidikan agama
Islam dalam membina nilai-nilai agama pada siswa adalah menanamkan dan
membangkitkan keyakinan beragama degan cara memberikan pemahaman tentang nilai�nilai itu sendiri. 3) Faktor pendukung dalam pembinaan nilai-nilai keagamaan adanya visi
dan misi yang jelas dari SD Negeri 075 Lambiri Kecamatan Seko, kerja sama yang
terjalin anatara sesama di sekolah. Dan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu
yang ada, faktor media elektronik seperti, handphone, Internet dan media televisi.
Implikasi penelitian ini, diharapkan dapat memberi rekomendasi kepada guru
PAI untuk membina nilai-nilai keagamaan siswa di SD Negeri 075 Lambiri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 01:25 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 01:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9863 |
Actions (login required)
View Item |