NOVITASARI, NOVITASARI (2024) KEPRAKTISAN MEDIA POP UP BOOK SUB TEMA AYO SELAMATKAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI SULAWESI SELATAN PADA SISWA KELAS VI MI AL-IKHLAS BALEBO KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (558kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (616kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Novitasari, 2024. “Kepraktisan Media Pop up book Sub Tema Ayo Selamatkan
Hewan dan Tumbuhan di Sulawesi Selatan pada Siswa Kelas VI MI Al�Ikhlas Balebo Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Muhammad Guntur dan Bungawati.
Skripsi ini membahas tentang kepraktisan media pembelajaran pop up
book pada materi Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan di Sulawesi Selatan
kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui
spesifikasi media pembelajaran pop up book pada materi ayo selamatkan hewan
dan tumbuhan di Sulawesi Selatan kelas VI MI Al-Ikhlas Balebo; untuk
mengetahui kepraktisan media pembelajaran pop up book pada materi ayo
selamatkan hewan dan tumbuhan di Sulawesi Selatan kelas VI MI Al-Ikhlas
Balebo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode mix method yaitu dengan
menggabungkan dua metode kualitatif dan metode kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di MI Al-Ikhlas Balebo, subjek penelitian adalah kelas VI yang
berjumlah 18 orang dan wali kelas VI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data
kualitatif dan analisis data kuantitaif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran pop up book pada
materi ayo selamatkan hewan dan tumbuhan di Sulawesi Selatan dengan
spesifikasi media pembelajaran yang berbentuk buku, berisi lembaran materi dan
gambar yang memiliki unsur tiga dimensi, serta dipaparkan gambar dan
penjelasan hewan dan tumbuhan yang hampir punah di Sulawesi Selatan.
Berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan, media pop up book masuk dalam
kategori sangat praktis, berdasarkan hasil wawancara guru diperoleh persepsi
yang baik terhadap penggunaan media pop up book dan angket siswa yang
memperoleh nilai 85,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut,
media pembelajaran pop up book dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian
ini berimplikasi pada kreativitas dan daya tarik dimana media pop up book ini
memungkinkan peserta didik untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan
cara yang menyenangkan.
Kata Kunci: Kepraktisan, Media Pembelajaran, Pop up book
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:03 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9867 |
Actions (login required)
View Item |